Penerapan Metode Darussalam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran di TK Al Falah Darussalam Tropodo Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suroyyah, Ikrima (2022) Penerapan Metode Darussalam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran di TK Al Falah Darussalam Tropodo Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ikrima Suroyyah_D79218032 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an dalam hal membedakan huruf hijaiyah. Di Tk Al-Falah Darussalam Tropodo Waru Sidoarjo mempunyai misi membiasakan bersikap dan berperilaku islami maka mengharuskan siswa-siswi mampu membaca Al-Qur’an menggunakan Metode Darussalam sebagai strategi dalam memudahkan siswa membaca Al-Qur’an dengan bagus dan sahih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Darussalam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Di Tk Al-Falah Darussalam Tropodo Waru Sidoarjo dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dari penerapan Metode Darussalam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan proses reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tk Al-Falah Darussalam Tropodo Waru Sidoarjo Penerapan Metode Darussalam pada tahun 2011 sampai sekarang dan Alhamdulillah pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan Metode Darussalam dapat mempermudah siswa bisa belajar membaca Al-Qur’an. Jadwal mengaji dilakukan setiap hari senin-jum’at. Pada waktu pagi hari masuk jam 07.00 sampai 08.00 sebelum pembelajaran sekolah berlangsung. Faktor pendukung dengan adanya Ustadz/Ustadzah mengaji yang sudah bersyahadah dengan kualifikasi sesuai standar Darussalam, kerjasama antara Ustadz/Ustadzah dan orang tua, bahan ajar dan media yang memadai berupa kartu peraga dan peraga besar, Apresiasi dan motivasi. Sedangkan faktor penghambat yaitu konsentrasi serta kemampuan yang dimiliki siswa berbeda dan kehadiran siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suroyyah, Ikrimasuroyyahikrima@gmail.comD79218032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko SuciptoUNSPECIFIED197311162007101001
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Keywords: Penerapan; metode darussalam; kemampuan membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: ikrima suroyyah rima
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:17
Last Modified: 09 Sep 2022 06:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54833

Actions (login required)

View Item View Item