Perancangan Sidoarjo MUD Volcano research center dengan pendekatan permakultur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lusiana, April (2022) Perancangan Sidoarjo MUD Volcano research center dengan pendekatan permakultur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
April Lusiana_H73217050.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peristiwa semburan lumpur Sidoarjo pada tanggal 29 Mei 2006 sampai sekarang belum ada tanda akan berhenti. Pengukuran 2017 semburan lumpur 86.270 m3/hari dan sifat semburan fluktuatif. Suhu lumpur di permukaan dekat pusat semburan mencapai 100° C, dengan komposisi padatan air 40% : 60% bersifat kental. Ahli Geologi berpendapat Lumpur Sidoarjo adalah fenomena gunung lumpur (mud volcano) yang terkait dengan aktivitas vulkanisme. Aliran lumpur tidak hanya melepaskan lumpur panas, tetapi juga gas panas, yang mempengaruhi kualitas udara. Selain itu, berkurangnya lahan akibat endapan lumpur, mencemari lingkungan dan sulit mendapatkan air bersih. Akibat kelumpuhan ini mempengaruhi psikologis warga sekitar. Hilangnya fungsi kehidupan mengkibatkan pemukiman penduduk serta pabrik-pabrik sekitar ditutup sehingga tidak heran apabila areal ini disebut “Kota Mati”. Kandungan lumpur Sidoarjo terdapat silika, natrium, magnesium, alumunium, klorin, kalium, kalsium, besi, kadmium, tembaga, dan timbal, dan electric conductivity yang berpotensi menjadi energi listrik. Berdasarkan peninjauan Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), lumpur Sidoarjo terdapat potensi mineral logam tanah jarang (LTJ) atau rare earth element (REE). Dari isu permasalahan dan potensi yang ada di kawasan lumpur Sidoarjo dibutuhkan tempat penelitian sebagai pusat pemantauan dan pengembangan aktivitas lumpur Sidoarjo disini adalah sebuah Mud volcano research center, serta tempat edukasi bagi masyarakat luas agar dampak negatif dapat dikontrol dan dampak positif bisa dimanfaatkan. Dan dibutuhkan sebuah pendekatan desain yang relevan, permakultur adalah desain regeneratif dimana berfokus pada pemulihan, peremajaan, dan pembentukan kembali sumber daya alam dan modal sosial dengan memastikan keamanan masa depan, sumber daya alam, proses ekologi, dan modal struktur sosial. permakultur memberikan alternatif tentang konsep manusia dengan alam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lusiana, Aprilaprillusiana97@gmail.comH73217050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRatodi, Muhamadmratodi@uinsby.ac.id2004038102
Thesis advisorSyariah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Subjects: Arsitektur
Lingkungan Hidup
Rehabilitasi
Ekologi
Keywords: Lumpur Sidoarjo; Kandungan; Mud Volcano Research Center; Lingkungan; Pendekatan Permakultur
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: APRIL LUSIANA
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:57
Last Modified: 20 Oct 2022 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54838

Actions (login required)

View Item View Item