Implementasi Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Nomor 2462 dalam Menanggulangi Pendanaan Terorisme di Indonesia oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murthi, Narindra Krisna (2022) Implementasi Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Nomor 2462 dalam Menanggulangi Pendanaan Terorisme di Indonesia oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Narindra Krisna Murthi_I72218054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendanaan terorisme merupakan isu yang fundamental dalam upaya pencegahan perkembangan jaringan terorisme di Indonesia. Di sisi lain, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) merupakan lembaga yang berwewenang dalam hal pencegahan dan deradikalisasi serta pencegahan pendanaan terorisme secara preventif. Penelitian ini berusaha menggambarkan bagaimana implementasi Resolusi DK PBB Nomor 2462 dalam menanggulangi pendanaan terorisme di Indonesia oleh BNPT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Beberapa konsep kunci yang digunakan sebagai kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah: implementasi, pendanaan terorisme, dan Resolusi DK PBB Nomor 2462. Berdasarkan data di lapangan, peneliti menemukan setidaknya lima tindakan BNPT dalam mengimplementasikan Resolusi Dewan Keamanan PBB Nomor 2462 dalam menanggulangi pendanaan terorisme di Indonesia, yaitu: (1) Membentuk Komite Anti TPPU dan TPPT; (2) pengawasan dan monitoring Organisasi Non Profit (3) melaunching aplikasi SIPENDAR; (4) aktif dalam forum internasional dan (5) smart approach strategy.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murthi, Narindra Krisnanarindrakrisna116@gmail.comI72218054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Muhammad Qobidl Ainulm.qobid@uinsby.ac.id0623088402
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: Terrorism; Counter-terrorism; Dewan Keamanan PBB; Pendanaan Terorisme
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Narindra Krisna Murthi
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:08
Last Modified: 02 Nov 2022 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54844

Actions (login required)

View Item View Item