Pengarusutamaan moderasi beragama pada portal keislaman Iqra.id: analisis framing Robert N. Entman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mab'ruro, Siti Hajar (2022) Pengarusutamaan moderasi beragama pada portal keislaman Iqra.id: analisis framing Robert N. Entman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Hajar Mab'ruro_E91218099 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada era modern ini media digital merupakan sarana informasi yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Di dukung dengan adanya jangkauan yang luas dan mudah, masyarakat memanfaatkan media digital khususnya website untuk mencari segala informasi yang diperlukan. Selain memiliki kelebihan tersebut, media digital juga dianggap dapat mempermudah penyebaran hoax maupun ujaran kebencian sebagai titik kelemahannya. Hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya penyebarluasan paham ekstrem melalui unggahan artikel di media sosial. Penyebarluasan paham ekstrem tersebut dikhawatirkan dapat memecah belah kerukunan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, penyeimbangan paham moderat sangat diperlukan dalam mengatasi permasalahan di media digital tersebut. Penyemaian literasi digital dengan tema moderasi beragama yang di dalamnya terdapat nilai-nilai damai, toleran, dan adil dapat menjadi solusi terbaik pada permasalahan tersebut. Dalam hal ini, peneliti memfokuskan untuk meneliti portal keislaman iqra.id yang dianggap sebagai salah satu portal keislaman moderat yang menggencarkan moderasi beragama agar mampu mengikis hoax dan ujaran kebencian.. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan teori analisis framing Robert N. Entman sebagai alat untuk menganalisa artikel-artikel dalam portal iqra.id. Penelitian ini juga bertujuan untuk menjawab bagaimana pengarusutamaan moderasi beragama dalam portal iqra.id serta bagaimana analisis framing Robert N. Entman terhadap artikel moderasi beragama dalam portal iqra.id. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa portal iqra.id melakukan pengarusutamaan moderasi beragama dengan menanamkan nilai-nilai damai, keadilan, dan toleransi pada setiap artikel yang akan diterbitkan. Iqra.id juga melakukan framing dengan menggunakan narasi yang mengajak setiap pembaca untuk mengkaji, memahami, dan menerapkan nilai-nilai moderat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mab'ruro, Siti Hajarrurohsijar@gmail.comE91218099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Toleransi
Keywords: Moderasi beragama; framing; moderat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Siti Hajar Mab'ruro
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:22
Last Modified: 13 Sep 2022 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54847

Actions (login required)

View Item View Item