Pengalaman keagamaan umat Katolik: studi kasus relasi umat Katolik dan umat Muslim di Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Devi Rubiani (2022) Pengalaman keagamaan umat Katolik: studi kasus relasi umat Katolik dan umat Muslim di Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Rubiani putri_E72218034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengalaman keagamaan tidak terbatas oleh waktu dan ruang. Ia merupakan respon terhadap apa yang dialami seseorang dalam kehidupannya, sebagai suatu realitas mutlak, seperti hubungan manusia dengan tuhannya, melalui pikiran dan aspek batiniah. Penelitian ini bermaksud menggambarkan pengalaman keagamaan jemaat Gereja Katolik Maria Ratu Para Rasul Pamekasan, sebagai kelompok minoritas di kota Pamekasan. Penelitian ini ingin menjelaskan bagaimana sejarah dan perkembangan Gereja Katolik Maria Ratu Para Rasul Pamekasan dan untuk mengetahui bagaimana relasi dari umat katolik dan umat Muslim di Pamekasan. Topik ini menjadi pilihan penulis karena melihat keberadaan Gereja Katolik Pamekasan yang sudah lama eksis di Pamekasan, di alun-alun kota, tetapi tidak pernah terjadi konflik antara komunitas Katolik dengan masyarakat Muslim mayoritas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan berdasarkan pada wawancara dengan pemuka agama Katolik, umat Katolik, dan pengurus Gereja. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori pengalaman keagamaan Joachim Wach yang digunakan untuk menganalisis data temuan. Hasil dari penelitian ini mengungkap bahwa dalam relasi umat Katolik dan umat Muslim di kota Pamekasan terdapat banyak hal positif seperti saling berbagi makanan, memberi selamat saat hari raya, berkegiatan Bersama. dan banyak lainnya yang disebabkan sikap toleransi dilakukan oleh kedua kelompok. Meski demikian, terdapat juga perlakukan negatif terhadap beberapa orang Umat Katolik, secara personal, seperti bullying, ancaman, dan cyber crime. Secara umum, perilaku umat Muslim kepada umat Katolik berjalan dengan baik dan terbuka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Devi Rubianirubianidevi@gmail.comE72218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorsiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Agama
Aliran dan Sekte
Keywords: Katolik; minoritas; pengalaman keagamaan; relasi antar umat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Devi Rubiani Putri
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:25
Last Modified: 26 Oct 2022 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54851

Actions (login required)

View Item View Item