Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di MI Roudlotul Banat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirunnisa, Siti (2022) Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Khoirunnisa_D97218108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dunia pendidikan tidak lepas dari lembaga pendidikan, sehingga lembaga pendidikan haruslah dapat menjadikan para generasi muda saat ini ke arah yang lebih baik dan mampu mengembangkan kemampuan literasinya dengan baik. Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS), terciptalah kegiatan yang memperkuat penumbuhan budi pekerti peserta didik serta dapat menumbuhkembangkan kebiasaan literat di setiap warga sekolah. Literat dalam hal ini berarti memiliki kemampuan memahami berbagai macam bacaan yang kemudian mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas yang ada di MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menitikberatkan kepada deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Data yang sudah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan mereduksi, menyajikan dan yang terakhir penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah
(GLS) pada pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. Ketiga tahapan tersebut telah terpenuhi, akan tetapi terdapat kendala di setiap tahapan kegiatan literasi tersebut. Adapun kendala pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) antara lain keterbatasan waktu karena pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, semangat dan antusias siswa dalam membaca ataupun berkunjung ke perpustakaan masih kurang, serta fasilitas atau sarana dan prasarana dalam mendukung kegiatan literasi ini belum terpenuhi dengan baik. Upaya dalam mengatasi kendala pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) meliputi menerapkan strategi membaca, memperbaiki dan melengkapi sarana dan prasarana serta meningkatkan SDM guru dengan pelatihan-pelatihan khusus Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirunnisa, Sitisitikhoirunnisa246@gmail.comD97218108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Literasi; Gerakan Literasi Sekolah (GLS); Kendala Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Khoirunnisa Khoirunnisa
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:11
Last Modified: 02 Nov 2022 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54854

Actions (login required)

View Item View Item