Sejarah Kesultanan Banten dan perannya dalam perkembangan aktivitas perniagaan maritim Banten abad XVI-XVII

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomariyah, Salmah Nurul (2022) Sejarah Kesultanan Banten dan perannya dalam perkembangan aktivitas perniagaan maritim Banten abad XVI-XVII. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salmah Nurul Qomariyah_A72218075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang sejarah Kesultanan Banten dan perannya dalam perkembangan aktivitas perniagaan maritim Banten abad XVI-XVII. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui sejarah dan perkembangan Kesultanan Banten abad XVI-XVII (2) Mengetahui aktivitas perniagaan maritim di Pelabuhan Banten abad XVI-XVII, dan (3) Mengetahui peran Kesultanan Banten dalam perkembangan aktivitas perniagaan maritim Banten Abad XVI-XVII. Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber), dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosio-historis dan menggunakan tiga teori yaitu: teori gerak siklus sejarah Arnold J. Toynbee; teori peran Katz dan Kahn; dan teori ekonomi merkantilisme Thomas Mun. Merkantilisme adalah teori ekonomi yang menyatakan bahwa kemakmuran suatu bangsa atau negara dapat ditentukan oleh seberapa banyak jumlah modal yang disimpan dan besarnya volume perdagangan dunia. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa : (1) Kesultanan Banten didirikan oleh Sultan Maulana Hasanuddin pada tahun 1525-1526 setelah ia mengalahkan Penguasa Kerajaan Pajajaran dan memindahkan pusat pemerintahan Banten ke daerah pesisir, (2) Aktivitas perniagaan maritim di Pelabuhan Banten abad XVI-XVII di antaranya seperti adanya pelaksana pelayaran dan perniagaan di Pelabuhan Banten serta adanya perniagaan barang ekspor-impor di Pasar Banten yang diperuntukkan bagi konsumsi lokal penduduk Banten maupun penduduk asing. (3) Kesultanan Banten memiliki peran dalam perkembangan aktivitas perniagaan maritim Banten abad XVI-XVII di antaranya ialah menjadi pemodal dan penguasa ekonomi Banten, pengawas yang menetapkan pajak dan bea Pelabuhan Banten, pelaku utama keterjalinan kerja sama Banten dengan pedagang lokal dan asing, serta pencetus pembentukan armada laut Banten.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomariyah, Salmah Nurulsalmaasharma12@gmail.comA72218075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnu--196808062000031003
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Subjects: Ekonomi Islam
Sejarah > Sejarah Indonesia
Kepemimpinan
Keywords: Peran; Kesultanan Banten; Perniagaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Salmah Nurul Qomariyah
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:05
Last Modified: 02 Nov 2022 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54859

Actions (login required)

View Item View Item