Problematika Pembelajaran PAI dengan metode Blended Learning

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfarisi, Moh. Salman (2022) Problematika Pembelajaran PAI dengan metode Blended Learning. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Salman Alfarisi_D91218144.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran PAI dengan metode blended learning di SMP Negeri 19 surabaya (2) problematika pembelajaran PAI dengan metode blended learning di SMP Negeri 19 Surabaya.Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data ditempuh dengan tiga langkah yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan seperti pembelajaran biasanya, namun menggunakan komposisi 50% siswa offline dan 50% siswa secara online. Guru menyampaikan atau mengulas materi secara konvensional di kelas, siswa yang dirumah melalui aplikasi mocrosoft 365 mengikuti pembelajaran dengan media power point dan kamera. Di akhir pembelajaran dilakukan tanya jawab dan pemberian tugas. (2) terdapat problematika dalam pelaksanaannya seperti; keterbatasan ekonomi, perbedaan kemempuan siswa dalam memahami materi, penurunan motivasi belajar, keterbatasan guru dalam mengontrol siswa daring dan termasuk juga susahnya penanaman karakter pada siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfarisi, Moh. Salmanalfarisi341@gmail.comD91218144
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Problematika; Pembelajaran PAI; Metode Blended Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh. Salman Alfarisi
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:56
Last Modified: 02 Nov 2022 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54864

Actions (login required)

View Item View Item