Implementasi model pembelajaran problem Based Learning pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan kecerdasan ekologis peserta didik di SMA Negeri 3 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfien, Nimathul (2022) Implementasi model pembelajaran problem Based Learning pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan kecerdasan ekologis peserta didik di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nimathul Alfien_D01218039 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nimathul Alfien_D01218039 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Manusia dan lingkungan hidup memiliki hubungan yang berdampak pada perilaku manusia dalam kehidupannya. Krisis yang telah terjadi di lingkungan hidup secara lokal, nasional bahkan secara internasional. Hal ini menjadikan generasi yang akan datang untuk mereposisi kemudian melakukan rekontruksi perilaku keseharian terhadap lingkungan juga menumbuhkan semangat untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan yang merupakan tanggung jawab bersama masyarakat untuk masa depan dan juga kehidupan berkelanjutan. SMA Negeri 3 Sidoarjo menerapkan model pembelajaran problem based learning sehingga relevan dengan kondisi kecerdasan ekologis peserta didik dengan melibatkan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Rumusan masalah penelitian ini, meliputi: 1) Bagaimana kondisi kecerdasan ekologis peserta didik SMA Negeri 3 Sidoarjo? 2) Bagaimana implementasi model pembelajaran problem based learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam kecerdasan ekologis Peserta Didik SMA Negeri 3 Sidoarjo? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model pembelajaran analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunaka berasal dari Miles dan Huberman yaitu Analisis Interactive Model. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Kondisi kecerdasan ekologis peserta didik SMA Negeri 3 Sidoarjo diperoleh empat kompetensi ekologis yang memiliki keterkaitan dengan salah satu pengembangan karakter pendidikan Indonesia yaitu sadar akan pentingnya lingkungan hidup, kompetensi aspek sikap dalam mengambil Keputusan untuk melestarikan lingkungan hidup, kompetensi aspek keterampilan dalam belajar mengenai lingkungan hidup, dan kompetensi aspek partisipasi yang dikembangkan dengan baik dengan program sekolah yang memberikan ruang untuk mengembangkan minat dan bakatnya pada kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan. 2) Implementasi model pembelajaran problem based learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terhadap kecerdasan ekologis peserta didik adalah kemampuan berpikir kritis saat berdiskusi kelompok, keterampilan memecahkan masalah dengan menentukan masalah, merumuskan hipotesis dan kemudian mengumpulkan data yang sesuai dengan topik permasalahan, kemudian keterampilan belajar secara berkelanjutan yang mana peserta didik bebas menentukan gaya belajarnya, dan juga kemampuan peserta didik dalam bekerja sama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfien, Nimathulnimathulalfienb18@gmail.comD01218039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNiam, Khoirun--2025077001
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Ekologi
Keywords: Kondisi Kecerdasan Ekologis; Problem Based Learning; Pendidikan Agama Islam.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nimathul Alfien Alfien
Date Deposited: 02 Jan 2024 08:02
Last Modified: 02 Jan 2024 08:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54865

Actions (login required)

View Item View Item