Representasi sosial dalam naskah drama Ben Go Tun Karya Saini K.M. : pendekatan Marxisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailia, Deva Nurul (2022) Representasi sosial dalam naskah drama Ben Go Tun Karya Saini K.M. : pendekatan Marxisme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Deva Nurul Lailia_A04218005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini fokus terhadap masalah sosial dan fungsi sosial sastra yang direpresentasikan dalam naskah drama Ben Go Tun karya Saini K.M. Naskah Ben Go Tun tidak hanya dipahami sebagai sebuah karya sastra yang memiliki nilai estetika saja, lebih jauh sebagai fenomena yang merepresentasikan masalah sosial tertentu dan fungsi sosialnya. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan masalah sosial dan fungsi sosial sastra yang direpresentasi dalam sebuah wacana berjenis drama. Teori yang digunakan dalam kajian ini adalah teori sosiologi sastra yang dikemukakan oleh Karl Marx. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis data mulai dari analisis deskripsi atas teks, interpretasi atas deskripsi teks, dan eksplanasi atas interpretasi teks, dengan fokus analisisnya pada berbagai kata, kalimat, dan alinea yang mengandung makna representasi sosial dan fungsi sosial sastra. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa naskah Ben Go Tun mengangkat representasi sosial: masalah kemiskinan, diskriminasi kelas sosial, kejahatan, pelanggaran norma, kekerasan, stratifikasi sosial, pemberontakan, penghinaan lisan, masalah pendidikan, masalah gender, kesenjangan sosial, ketidakadilan kebijakan, kericuhan, dan kolusi. Fungsi sosial sastra di antaranya sebagai nasihat kesopanan, rasa simpati, kedermawanan, pola pikir dan falsafah, media kritik, media aspirasi, media keberpihakan, media pembelajaran, dan media pesan tersirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailia, Deva Nurula04218005@uinsby.ac.idA04218005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRumilah, Sitist.rumilah@gmail.com2012077601
Thesis advisorIndriani, Jiphie Giliajiphiegilia@uinsby.ac.id2016018802
Subjects: Bahasa Indonesia
Sastra
Keywords: Ben Go Tun Saini K.M.; Representasi; Fungsi Sosial
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Deva Nurul Lailia
Date Deposited: 09 Nov 2022 00:48
Last Modified: 09 Nov 2022 00:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54873

Actions (login required)

View Item View Item