Penggunaan variasi bahasa oleh Ganjar Pranowo dalam kanal Youtube Ganjar Pranowo Official: analisis sosiolinguistik)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifa, Nida (2022) Penggunaan variasi bahasa oleh Ganjar Pranowo dalam kanal Youtube Ganjar Pranowo Official: analisis sosiolinguistik). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nida Afifa_A04218017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini akan berfokus pada penggunaan variasi bahasa pada tuturan Ganjar Pranowo yang diambil dalam kanal YouTube miliknya yaitu Ganjar pranowo Official. Karena Ganjar Pranowo memiliki gaya komunikasi yang kontekstual, maka penelitian ini akan memaparkan beberapa jenis variasi bahasa yang sering digunakan oleh Ganjar Pranowo serta faktor-faktor yang menjadi latar belakang penggunaan variasi bahasa tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiolinguistik yang dikemukakan oleh Abdul Chaer dan Leonie Agustina. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan Teknik analisis data berupa simak bebas libat cakap (SBLC) sehingga peneliti tidak ikut terlibat dalam kegiatan tutur dan hanya menjadi penyimak dalam sebuah kegiatan tutur. Kemudian hasil analisis data akan dituangkan dalam bentuk gambar, kata, dan perilaku dengan menggambarkan objek penelitiannya menggunakan uraian naratif. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat ditarik sebuah simpulan bahwa ditemukan beberapa jenis variasi bahasa dalam komunikasi Ganjar Pranowo antara lain; dari segi penutur berupa idiolek, dialek, kronolek, dan sosiolek, dari segi pemakaian, serta dari segi keformalan berupa ragam resmi, ragam usaha, dan ragam santai. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan variasi bahasa dalam tuturan Ganjar Pranowo antara lain meliputi; faktor usia, faktor profesi, faktor pendidikan, serta faktor lingkungan sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifa, Nidanidaafifa920@gmail.comA04218017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRumilah, Sitist.rumilah@gmail.com2012077601
Thesis advisorWijaya, Guntur Sektigswijaya1986@uinsby.ac.id2024058601
Subjects: Bahasa Indonesia
Linguistik
Keywords: Ganjar Pranowo; Variasi Bahasa; Sosiolinguistik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Nida Afifa
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:15
Last Modified: 02 Nov 2022 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54875

Actions (login required)

View Item View Item