Penerapan ICT dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk anak berkebutuhan khusus di SMAN 1 Puri Mojokero

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulani, Maghfiroh Izani (2022) Penerapan ICT dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk anak berkebutuhan khusus di SMAN 1 Puri Mojokero. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maghfiroh Izani Maulani_D71218077.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penerapan ICT Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus di SMAN 1 Puri Mojokerto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja media ICT yang digunakan dalam pembelajaran PAI untuk ABK dan bagaimana penerapan ICT dalam pembelajaran PAI untuk ABK di SMAN 1 Puri Mojokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian di dapatkan dari hasil observasi dan wawancara dengan Kepala SMAN 1 Puri, Guru PAI, Anak berkebutuhan khusus dan Pembina inklusi yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data interaktif dari Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media ICT yang digunakan dalam pembelajaran PAI untuk ABK di SMAN 1 Puri yakni, teknologi komputer (LCD proyektor, flashdisk, Sound, Microsoft word, Microsoft power point), Teknologi multimedia (Kamera digital, kamera video), teknologi telekomunikasi (Handphone: WhatsApp), teknologi jaringan komputer ( wifi,google, youtube, google drive dan mobile exam). Kemudian perencanaannya yakni membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lalu mempersiapkan media ICT yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Dan pelaksanaannya dilakukan dengan pendekatan individual dengan menfokuskan pemberian materi kepada ABK 15- 20 menit setelah pendidik memberikan materi kepada anak reguler melalui LCD, dan pemberian tugas kepada ABK dilakukan dengan pendampingan dan arahan dari pendidik. Serta evaluasi yang dilaksanakan menyesuaikan kemampuan dan gangguan yang di alami oleh ABK dengan menggunakan media mobile exam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulani, Maghfiroh Izanim0486282@gmail.comD71218077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNi'am, Khoirun--2025077001
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: ICT; Pembelajaran PAI; Anak Berkebutuhan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maghfiroh Izani Maulani
Date Deposited: 24 Nov 2022 12:10
Last Modified: 24 Nov 2022 12:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54881

Actions (login required)

View Item View Item