Pengelolaan perbedaan individu siswa pada pembelajaran di Kelas V MI Al Hikmah Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariyanto, Gisca Kurnia Putri (2022) Pengelolaan perbedaan individu siswa pada pembelajaran di Kelas V MI Al Hikmah Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gisca Kurnia Putri Ariyanto_D77218039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian studi kasus ini menggunakan 3 metode pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al Hikmah Buduran Sidoarjo yang berjumlah 59 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perbedaan Individu meliputi perbedaan fisik-motorik, intelegensi, kecakapan bahasa, dan psikologis. Perbedaan individu siswa yang dominan pada aspek fisik-motorik yaitu 42 siswa berbadan ideal, 33 siswa berjenis kelamin laki-laki, 53 siswa berumur 11 tahun, 37 siswa memiliki tinggi badan > 140cm, 44 siswa memiliki berat badan < 40kg, 59 siswa pendengaran normal, dan 56 siswa penglihatan normal. Pada perbedaan intelegensi dan kecakapan bahasa memiliki rata rata potensi sedang dan pada perbedaan psikologis titik dominan di perubahan emosi dan motivasi belajar. 2) Pengelolaan perbedaan individu yang dilakukan oleh guru di MI Al Hikmah Buduran Sidoarjo Kelas V adalah penataan rombel kelas dan penataan tempat duduk siswa, pembuatan RPP yang menyesuaikan perbedaan individu siswa, evaluasi, dan rencana tindak lanjut setiap semester dalam bentuk pembuatan RPP menggunakan strategi, metode, dan model yang baru dengan menyesuaikan perbedaan individu siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariyanto, Gisca Kurnia Putrigiscakurnia125@gmail.comD77218039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Pengajaran
Keywords: Pengelolaan; Perbedaan Individu; Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: gisca putri
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:34
Last Modified: 28 Oct 2022 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54884

Actions (login required)

View Item View Item