Kontroversi konsep bid’ah Islam modernis dan Islam konservatif dalam media Youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Yusfi Agung (2022) Kontroversi konsep bid’ah Islam modernis dan Islam konservatif dalam media Youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusfi Agung Firdaus_ E91217114 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konsep bid’ah merupakan problematika yang tidak kunjung usai diperdebatkan dikalangan umat Islam, Perbedaan pendapat terhadap konsep tersebut diakibatkan oleh keyakinan ideologi agama antar Madzhab. Sebagaimana dalam penelitian ini, penulis akan memfokuskan objek pembahasan tentang kontroversi konsep bid’ah terkait Tahlilan dan Maulid Nabi yang disampaikan oleh KH Muhammad Idrus Ramli yang merupakan bagian tokoh dari Ormas Nahdatul Ulama’ dan KH Firanda Ardinja sebagai Salah satu tokoh Ormas Salafi. Kontroversi konsep bid’ah yang disampaikan oleh dua tokoh dari kalangan NU yang tergolong Islam Modernis dan Salafi yang tergolong Islam Konservatif di media online Yuotube, terkait prilaku Tahlilan dan Maulid Nabi, dengan menggunakan metode kualitatif dan landasan teori Hermeneutik Kritis Jurgen Habermas. Hasil penelitian dalam hal ini, dalam sudut Jurgen Habermas perbedaan atau perdebatan di media sosial khususnya Youtube antara kelompok Konservatif dengan Modernis dapat dikatakan sebagai tindakan komunikatif subyektif. Sebagaimana bahwa adanya tudingan dari kelompok Konservatif terhadap kelompok Modernis, atau sebaliknya jawaban kelompok modernis terhadap tudingan kelompok konservatif hanya membela kelompoknya masing. Tidak ada ruang diskusi yang ingin menemukan tititk temu di antara perselisihan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Yusfi Agungyusfisebenarnya@gmail.comE91217114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, TasmujiUNSPECIFIED2027096201
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Ahlusunnah Waljama'ah
Ziarah Kubur
Keywords: Kontroversi bid’ah; Islam modernis; Islam konservatif
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: yusfi agung firdaus
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:19
Last Modified: 13 Sep 2022 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54906

Actions (login required)

View Item View Item