Penerapan Thariqah Mubasyarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pembelajaran Mufrodat dan Muhadasah Bahasa Arab di MIS Sunan Ampel Arjosari Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Arum Puji (2022) Penerapan Thariqah Mubasyarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pembelajaran Mufrodat dan Muhadasah Bahasa Arab di MIS Sunan Ampel Arjosari Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arum Puji Lestari_D97218069.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa kelas IIA MIS Sunan Ampel Arjosari Pasuruan pada pembelajaran bahasa Arab materi Asas al-Manzili. Hal ini dapat diketahui dari hasil rekapitulasi nilai siswa yang tuntas pada pra siklus jumlah siswa 29 siswa, 13 siswa yang tuntas dan sisanya 16 siswa yang belum mencapai nilai tuntas. Metode Thariqah Mubasyarah ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui langkah-langkah kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan dapat membangkitkan rasa antusias siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan metodeThariqah Mubasyarah pada materi Asas al-Manzili(Perabotan Rumah) untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas II A MIS Sunan Ampel Arjosari Pasuruan. 2) Mengetahui peningkatan peahaman kosakata siswa kelas IIA MIS Sunan Ampel Arjosari Pasuruan. Model penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang telah digagas oleh Kurt Lewin. Subjek penelitian ini terdiri dari 29 siswa kelas IIA MIS Sunan Ampel Arjosari Pasuruan. Dalam tindakan ini peneliti menggunakan dua siklus (Siklus I dan Siklus II). Pada teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, penilaian tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode thariqah mubasyarah pada materi Asas al-Manzili mata pelajaran bahasa Arab dilaksanakan 2 siklus. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dengan nilai 90,7 (Baik) dan pada siklus II menjadi meningkat nilai menjadi 93,5 (Sangat Baik). sedangkan hasil observasi siswa pada siklus 78,5 (Cukup) dan pada siklus II terjadi peningkatan nilai sebesar 88,9 (Baik). 2) Adapun peningkatan persentase ketuntasan siswa pada Pra siklus dengan nilai 44,82% (Sangat Kurang), Siklus I dengan nilai 55% (Kurang) dan siklus II dengan nilai 93% (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Arum Pujiaarum894@gmail.comD97218069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id197302022007011040
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id1973091020070110
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Pemahaman; Mata Pelajaran Bahasa Arab; Metode Thariqah Mubasyarah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arum Puji Arum Puji
Date Deposited: 31 Oct 2022 08:13
Last Modified: 31 Oct 2022 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54911

Actions (login required)

View Item View Item