Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 Pondokkelor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pamungkas, Tria Putri (2022) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 Pondokkelor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tria Putri Pamungkas_D97217116.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 Pondokkelor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Padahal waktu belajar siswa di rumah lebih banyak dari pada waktu belajar di sekolah. Disinilah pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam membimbing anak sangat diperlukan. Secara tidak langsung tingkat pendidikan orang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Maka dari itu, penting mengangkat penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini yakni, 1) Untuk mengetahui tingkat pendidikan orang tua siswa kelas V di SDN 1 Pondokkelor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 Pondokkelor kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. 3) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 Pondokkelor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Sampel yang digunakan adalah sampel populasi dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan : 1) Tingkat pendidikan orang tua siswa kelas V di SDN 1 Pondokkelor memiliki kecenderungan pada kategori sedang dengan persentase 55%. 2) Hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 Pondokkelor memiliki kecenderungan pada kategori sedang, dengan nilai rata-rata yakni 70,00. 3) Terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 Pondokkelor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,551 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,330 dengan demikian diketahui tingkat pendidikan orang tua berpengaruh sebesar 30% sedangkan 70% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pamungkas, Tria Putritriapamungkas25@gmail.comD97217116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Tingkat Pendidikan; Hasil Belajar; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tria Putri Pamungkas
Date Deposited: 06 Nov 2022 10:24
Last Modified: 06 Nov 2022 10:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54912

Actions (login required)

View Item View Item