Pengaruh pemahaman materi Akidah Akhlak sub bab Ta'awun terhadap perilaku Filantropi peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanif, Luqman (2022) Pengaruh pemahaman materi Akidah Akhlak sub bab Ta'awun terhadap perilaku Filantropi peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luqman Hanif_D01218027 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab tiga pertanyaan dalam rumusan masalah, antara lain: (1) Bagaimana pemahaman materi akidah akhlak sub bab ta’awun peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Waru Sidoarjo? (2) Bagaimana perilaku filantropi peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Waru Sidoarjo? (3) Bagaimana pengaruh pemahaman materi Akidah Akhlak sub bab ta’awun terhadap prilaku Filantropi peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Waru Sidoarjo? Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak 324 peserta didik dan diambil sebagai sampel 15% dari populasi yang ada yaitu sebanyak 49 peserta didik. Tempat penelitian dilaksanakan di SMPN 3 Waru Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemahaman materi akidah akhlak sub-bab ta’awun peserta didik kelas VIII SMPN 3 Waru Sidoarjo mendapatkan nilai presentase sebagai berikut untuk kategori tinggi sebesar 47%, kategori sedang sebesar 47% dan untuk kategori rendah sebesar 6%, Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa nilai ini menunjukkan kategori tinggi dan sedang. (2) perilaku filantropi peserta didik kelas VIII SMPN 3 Waru Sidoarjo, mendapatkan nilai prosentase sebesar 86,16% berada pada interval 75%-100%. Ini menunjukkan perilaku filantropi peserta didik kelas VIII SMPN 3 Waru Sidoarjo berada pada kategori tinggi (3) Pengaruh pemahaman materi akidah akhlak sub-bab ta’awun terhadap perilaku filantropi peserta didik kelas VIII SMPN 3 Waru Sidoarjo didapatkan dari analisis regresi linier sederhana dengan hasil nilai f-hitung = 18.965 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh antara variable (X) pemahaman materi akidah akhlak sub-bab ta’awun dengan variable (Y) perilaku filantropi peserta didik. Dengan ini maka Ha di terima dan Ho ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanif, Luqmanluqmanhanif021@gmail.comD01218027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsuddin, Syamsuddinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Akhlak
Pendidikan Islam
Keywords: Pemahaman; perilaku; filantropi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Luqman Waru
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:49
Last Modified: 09 Sep 2022 08:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54931

Actions (login required)

View Item View Item