Sabar sebagai ikhtiar untuk mengurangi Dismenore pada remaja di Madrasah Diniyah Ikhwanul Qulub Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dhealiyani, Daniar Dwi Putri (2022) Sabar sebagai ikhtiar untuk mengurangi Dismenore pada remaja di Madrasah Diniyah Ikhwanul Qulub Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel surabaya.

[img] Text
Daniar Dwi Putri Dhealiyani_E07218007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai dismenore yang terjadi di Madrasah Diniyah Ikhwanul Qulub mengingat dampak yang ditimbulkan dari nyeri dismenore ini menyebabkan perempuan menjadi tidak produktif dalam aktivitasnya , dari masalah ini diperlukan adanya solusi untuk membuat perempuan tetap bisa produktif dengan mengurangi nyeri dari dismenore. Rumusan masalah yang diangkat pertama Bagaimana sabar digunakan sebagai ikhtiar dalam mengurangi rasa sakit?. Kedua Bagaimana penerapan sabar sebagai ikhtiar pada remaja di Madrasah Ikhwanul Qulub Surabaya yang mengalami dismenore ?. Ketiga Bagaimana pengaruh sabar sebagai ikhtiar yang dilakukan pada remaja di Madrasah Diniyah Ikhwanul Qulub Surabaya yang mengalami dismenore?. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan juga dokumentasi. Sumber data diambil melalui dua cara yakni data primer yang diperoleh dari narasumber yakni remaja yang ada di Madrasah Diniyah Ikhwanul Qulub Surabaya yang berjumlah 3 orang. Data sekunder diperoleh dari buku dan data-data yang relevan dari penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sabar mampu bisa menjadi salah satu ikhtiar yang dapat digunakan untuk mengurangi nyeri dismenore dengan menggunakan metode istighfar, berdoa dan berserah kepada Allah sambil melakukan metode penanganan dismenore menggunakan kompres air hangat, mengusap halus dibagian yang sakit ataupun dengan metode yang sudah disebutkan. Dalam menghadapi rasa sakit selain melakukan ikhtiar pengobatan dalam mempercepat proses kesembuhan diperlukan kesabaran untuk menahan emosi agar kondisi tenang dan rileks.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dhealiyani, Daniar Dwi Putridwidaniar123@gmail.comE07218007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHodri, Hodrihodria@yahoo.com2017117001
Subjects: Tasawuf
Keywords: Dismenore; Ikhtiar; Sabar
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Daniar Dwi Putri Dhealiyani
Date Deposited: 08 Nov 2022 13:05
Last Modified: 08 Nov 2022 13:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54933

Actions (login required)

View Item View Item