Peran Sunan Drajat dalam islamisasi di desa Drajat kecamatan Paciran kabupaten Lamongan abad (XV-XVI)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosaliah, Anggun (2022) Peran Sunan Drajat dalam islamisasi di desa Drajat kecamatan Paciran kabupaten Lamongan abad (XV-XVI). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggun Rosaliah_A72218042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sunan Drajat merupakan salah satu tokoh Walisongo yang berjasa dan berperan penting dalam penyebaran agama Islam secara luas, khususnya di Desa Drajat. Dalam skripsi yang berjudul “Peran Sunan Drajat dalam Islamisasi di Desa Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Abad (XV-XVI)”, penulis akan berusaha mengungkapkan beberapa rumusan masalah, yaitu mengenai: 1). Bagaimana riwayat hidup Sunan Drajat?, 2). Apa saja situs-situs peninggalan Sunan Drajat?, dan 3).Bagaimana peran Sunan Drajat dalam Islamisasi di Desa Drajat Paciran Lamongan?. Penulisan skripsi ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, dengan mencari sumber data penelitian berdasarkan analisis dan fakta data yang ditemui dilapangan. Peneliti menggunakan metode penelitian sejarah atau penelitian historis dalam mengumpulkan data, dengan mengacu pada 4 tahapan dalam metode penelitian sejarah, yaitu: heuristik, verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran data), dan historiografi (penulisan sejarah).Penulis menggunakan teori peran, dengan pendekatan historis yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui fakta sejarah islamisasi di Desa Drajat. Dari penelitian yang dilakukan peneliti menyimpulkan, bahwa: 1). Sunan Drajat lahir pada tahun 1470 M di Ampel Denta Surabaya, putra dari Sunan Ampel dan Nyi Ageng Manila, wafat pada tahun 1522 M. 2). Situs-situs peninggalan Sunan Drajat yaitu komplek makam Sunan Drajat, museum khusus Sunan Drajat, dan Sumur Peninggalan Sunan Drajat. 3). Sunan Drajat memiliki peran penting dalam Islamisasi di Desa Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Peran Sunan Drajat tidak hanya dalam bidang dakwah saja namun juga dalam bidang pendidikan, kemasyarakatan, bidang keagamaan dengan mengajarkan masyarakat tentang Syariat Islam, mengentas kemiskinan di Perdikan Drajat, mendirikan masjid, mengajar mengaji, dan juga mendirikan pondok pesantren sebagai sarana dalam menyiarkan ajaran agama Islam secara luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosaliah, Anggunanggunrosaliah@gmail.comA72218042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali. mfd52@gmail.com2017065201
Thesis advisorZakariya, Nur MukhlishMukhlish_73@yahoo.co.id2001107302
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Peran; Sunan Drajat; Desa Drajat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Anggun Rosaliah
Date Deposited: 08 Nov 2022 08:31
Last Modified: 08 Nov 2022 08:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54935

Actions (login required)

View Item View Item