Pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Halimatus (2022) Pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Halimatus Sa'diyah_D01218020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerpan Model Pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Lamongan. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti yaitu: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Lamongan; 2) Bagaimana hasil belajar siswa mata pelajaran PAI SMP Negeri 2 Lamongan; 3) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Lamongan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kuantitatif yang menggunakan pengumpulan data berupa: angket, dokumentasi, dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Lamongan tahun pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian berjumlah 1013 siswa dan sampel yang diambil 10% dari jumlah populasi menjadi 102 siswa. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi pearson product moment dan regresi linier sederhana.Hasil perhitungan didapatkan analisis regresi menunjukkan bahwa: Pada nilai konstanta 88,129 menerangkan bahwa jika nilai Y = 0 atau variabel hasil belajar siswa tidak ada maka nilai variabel X penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning adalah 88,129. Nilai koefisien regresi hasil belajar siswa menghasilkan nilai 0,018, memiliki arti bahwa setiap penambahan 1 poin variabel hasil belajar maka akan meningkatkan model pembelajaran contextual teaching and learning sebesar 1,80%. Dan hasil dari analisis korelasi sebesar 0,049 berada pada interval 0,00 – 0,199. Maka dapat disimpulkan bahwa tolak Ha dan terima Ho karena rhitung < rtabel yaitu 0.049 < 0.195. Hal ini menunjukan tidak ada pengaruh penerapan model Pembelajaran Contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Halimatusdiyahdiyy10@gmail.comD01218020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChanna AW, Lilieklilikchanna@gmail.com2018126701
Thesis advisorTolchah, Mochmochtolchah@yahoo.com2005035301
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Keywords: Pengaruh; Model Pembelajaran Contextual teaching and learning; Hasil belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Halimatus Sa'diyah
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:36
Last Modified: 09 Nov 2022 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54936

Actions (login required)

View Item View Item