Peran perempuan dalam upaya membantu ekonomi rumah tangga pada masa pandemi covid-19 perspektif maqashid syariah: studi kasus perempuan penjual semanggi Sememi Benowo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muttaqim, Zainal (2022) Peran perempuan dalam upaya membantu ekonomi rumah tangga pada masa pandemi covid-19 perspektif maqashid syariah: studi kasus perempuan penjual semanggi Sememi Benowo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zainal Muttaqim_G94218232.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Perempuan Dalam Upaya Membantu Ekonomi Rumah Tangga Pada Masa Pandemi Covid-19 Prespektif Maqashid Syariah dengan studi kasus perempuan penjual semanggi Sememi Benowo Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan Maqashid Syariah terhadap peran perempuan penjual semanggi Sememi Benowo Surabaya dalam upaya membantu rumah tangga dari segi ekonomi pada masa pandemi covid-19. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data melalui wawancara dilakukan dengan perempuan penjual semanggi Sememi Benowo Surabaya, anggota keluarga perempuan penjual semanggi, Ketua RW 03 dan Ketua Kampung Semanggi. Dalam menganalisis data, dilakukan melalui teknik pengumpulan data, menyajikan data dan dilakukan penarikan kesimpulan dari analisis data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran perempuan penjual semanggi Sememi Benowo Surabaya dalam upaya membantu ekonomi rumah tangga pada masa pandemi Covid-19 berperan dalam memperoleh pendapatan, dengan pendapatan yang diperoleh berkisar Rp.1.000.000,- hingga Rp.2.500.000,- perbulan, pendapatan tersebut digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Keadaan pandemi yang menjadikan ekonomi keluarga tidak setabil membuat perempuan penjual semanggi juga berperan dalam pengelolaan keuangan secara bijak, dan berperan dalam distribusi konsumsi kebutuhan pokok keluarga. Dalam pandangan maqashid syariah peran perempuan penjual semanggi Sememi Benowo Surabaya dalam upaya membantu ekonomi rumah tangga pada masa pandemi covid-19 mencakup lima unsur pokok yang dilindungi yaitu menjaga agama (Hifẓ al-dîn), jiwa (Hifẓ al-Nafs), akal (Hifẓ al-Aql), keturunan (Hifẓ al-Nasl), dan harta (Hifẓ al-Mâl). Dari penjagaan dan pemeliharaan kelima unsur tersebut bukan berarti unsur harta (mâl) merupakan unsur yang paling tidak penting, justru dalam keadaan pandemi covid-19 unsur harta menjadi pondasi yang dampaknya dapat mengakibatkan unsur agama, jiwa, akal, dan keturunan menjadi lebih baik. Sehingga kelima unsur tersebut dijaga agar tercapainya sebuah kemaslahatan dan kesejahteraan keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muttaqim, Zainalmuttaqimzainal@gmail.comG94218232
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatuliim.azizah73@gmail.com2011087302
Subjects: Ekonomi
Pedagang
Wanita dalam Islam
Keywords: Peran Perempuan; Ekonomi Rumah Tangga; Pandemi Covid; Maqashid Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Zainal Muttaqim
Date Deposited: 06 Nov 2022 12:17
Last Modified: 06 Nov 2022 12:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54942

Actions (login required)

View Item View Item