Penistaan agama Muhammad Kace perspektif rasionalitas komunikatif Jurgen Habermas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Siti Nur (2022) Penistaan agama Muhammad Kace perspektif rasionalitas komunikatif Jurgen Habermas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Azizah_E91218100.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berbagai keragaman yang menghiasi Indonesia, menjadi bentuk alami pluralitas yang harus dianggap sebagai fitrah. Adanya kelompok mayoritas dan minoritas bukan berarti menjadi alasan untuk menciptakan keonaran maupun konflik sosial di tengah masyarakat. Sayangnya, kebebasan berpendapat seringkali disalahartikan oleh beberapa pihak yang melihatnya sebagai peluang kejahatan, dengan memanfaatkan media sebagai jalan untuk mewujudkan keinginannya. Salah satunya dalam kasus penistaan agama yang menjerat seorang youtuber bernama Kace, tepat pada bulan Agustus 2021 lalu. Publik seakan dibuat geram olehnya, sebab tanpa adanya permintaan maaf, ia menyebut perbuatannya sebagai bagian dari “kebebasan berpendapat”. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti tertarik mengetahui lebih jauh, bagaimana kasus tersebut jika ditinjau melalui perspektif rasionalitas komunikatif Jurgen Habermas. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan pada masyakat agar mampu menjaga keadilan dalam berkomunikasi antar pihak, tanpa menggunakan jalan kekerasan, baik secara verbal maupun non verbal. Dengan begitu, fokus permasalahan penelitian terletak pada: Pertama, mengetahui bentuk ujaran penistaan agama yang dilakukan Kace di media sosial. Kedua, meninjau ujaran penistaan agama Kace melalui perspektif rasionalitas komunikatif Jurgen Habermas. Dalam hal ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang bersifat library research, dan menekankan analisis-deskriptif. Jika ditinjau melalui teori rasionalitas komunikatif milik Habermas, ujaran penistaan agama yang dilakukan Kace tidak sesuai, dan rasionalitas komunikatif tidak dapat berjalan di dalamnya. Hal ini karena terdapat salah satu dari keempat klaim validitas yang tidak terpenuhi, serta terdapat beberapa unsur yang melanggar norma dalam bentuk ujaran kebencian dan kebohongan publik atas nama agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Siti NurNur413807@gmail.comE91218100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmam, Muchammad Helmihelmi.umam@uins.sby.id.ac2004057901
Subjects: Agama
Filsafat > Filsafat Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Muhammad Kace; Penistaan Agama; dan Rasionalitas Komunikatif.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Siti Nur Azizah
Date Deposited: 12 Apr 2023 21:58
Last Modified: 12 Apr 2023 21:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54972

Actions (login required)

View Item View Item