Metode penyelesaian mukhtalif al hadith menurut Abdul Qadir Shaibah al Hamd: dalam Kitab Fiqh al Islam Sharh Bulugh al Maram

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haris, Abdul (2022) Metode penyelesaian mukhtalif al hadith menurut Abdul Qadir Shaibah al Hamd: dalam Kitab Fiqh al Islam Sharh Bulugh al Maram. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Haris_E95216049 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perbedaan metode memahami hadis mukhtalif menjadi persoalan yang sering menjadi penyebab terjadinya perbedaan interpretasi terhadap memahami hadis-hadis yang bertentangan. apalagi hal tersebut berkaitan dengan persoalan fikih sehari-hari seperti kitab Bulu>gh al-Mara>m karya Ibnu Hajar al-Asqalani, oleh karena itu Abdul Qadir Shaibah al-Hamd menjelaskan penerapan sesuai pemahaman bagi pembaca melalui metode para ulama hadis dalam menyelesaikan masalah mukhtalif al-h{adi>th. Hal tersebut yang menjadikan alasan utama dalam penelitian ini yaitu menganalisa bagaimana Abdul Qadir mendekatkan pemahaman mukhtalif al-hadith agar dipahami oleh semua kalangan. Dari hal tersebut penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library reserch dengan mencari data yang berhubungan dengan mukhtalif al-hadith hasil dokumentasi terhadap analisa hadis-hadis mukhtalif yang ada dalam kitab fiqh al-islam sharh bulugh al-mara>m. Adapun pendekatan teori yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan teori jumhur ulama yang berkaitan dengan mukhtalif al-h{adi>th kemudian dianalisa berdasarkan hadis pengumpulan data dalam kitab syarah fiqh al-islam sharh bulugh al-mara>m. Secara garis besar hasil penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa permasalahan pemahaman seseorang dalam memahami mukhtalif al-hadith berdasarkan tingkat daya pikir seseorang oleh karena itu Abdul Qadir menggunakan metode yang lakukan oleh jumhur ulama yaitu mendahulukan al-jam’u, dalam mengimplemntasikan metode mukhtalif Abdul Qadir membuat penjelasan yang sistematis yaitu menjelaskan perselisihan terhadap hadis yang bertentangan, menyebutkan penjelasan para ulama terdahulu, dan menyedikitkan pembahasan khilaf dalam menyelesaikan hadis yang bertentanngan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haris, Abdulabd.al.harith08@gmail.comE95216049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Hadis
Keywords: Mukhtalif al Hadith; Abdul Qadir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Abdul Haris
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:41
Last Modified: 09 Sep 2022 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55001

Actions (login required)

View Item View Item