Perubahan perilaku keagamaan dan adaptasi new normal pada masa Covid 19 di wilayah Sukodono Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulani, Maghfiroh Fitri (2022) Perubahan perilaku keagamaan dan adaptasi new normal pada masa Covid 19 di wilayah Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maghfiroh Fitri Maulani_E92218077 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Munculnya pandemi covid 19, menimbulkan banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat, khususnya di daerah pedesaan. Dampak dari pandemi ini diantaranya masyarakat yang mengalami gangguan psikologisnya akibat tekanan-tekanan dari luar maupun dari dalam dirinya. Rasa cemas dan takut selalu dialami oleh masyarakat, di sisi lain masyarakat juga harus berpikir secara rasional dan terbuka supaya mereka tetap mau berinteraksi dengan yang lainnya dan tetap menjalankan kehidupannya. Penelitian ini berisikan mengenai bentuk-bentuk perubahan perilaku keagamaan sebelum pandemic di wilayah Sukodono Kabupaten Sidoarjo, adaptasi perilaku keagamaan masyarakat di era new normal, dan juga upaya menanamkan dan membangun perilaku keagamaan bagi masyarakat di era new normal. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bentuk-bentuk perubahan perilaku keagamaan pada masyarakat di wilayah Sukodono Kabupaten Sidoarjo dan untuk mengetahui masyarakat dalam menanamkan pola hidup baru melalui adaptasi new normal. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan yakni deskriptif kualitatif yang mengadakan pengamatan serta menganalisis data secara langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan observasi, wawancara, maupun dokumentasi. Dalam analisis kualitatif, penelitian ini menggunakan tiga tahap, diantaranya yakni me reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori psikologi behavioristic Skinner dan Juga teori Stimulus-Organisme-Respon (SOR) dari Skinner. Disamping itu ada beberapa teori yang relevan mengenai hubungan agama perilaku. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat di wilayah Sukodono Kabupaten Sidoarjo mengalami perubahan perilaku keagamaan dan masyarakat dituntut untuk menerapkan pola hidup yang sehat supaya dapat menjalankan kehidupan yang normal kembali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulani, Maghfiroh Fitrimaghfirohfitri01@gmail.comE92218077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin@uinsby.ac.id2113027201
Subjects: Perilaku
Keywords: Perubahan perilaku; keagamaan; Pandemi Covid 19
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Maghfiroh Maulani
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:46
Last Modified: 09 Sep 2022 08:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55005

Actions (login required)

View Item View Item