Efektivitas penerapan strategi pembelajaran index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Elza Dwi (2022) Efektivitas penerapan strategi pembelajaran index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elza Dwi Pratiwi_D91218129.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak ditemukan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih belum maksimal atau dibawah KKM, yang dipicu oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu strategi atau metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Strategi atau metode pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak dapat dipungkiri bahwa memang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, namun masih banyak guru yang menggunakan strategi atau metode pembelajaran yang masih sederhana dan kurang menarik sehingga menjadikan siswa merasa bosan dan cenderung pasif ketika belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo. 2) Hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo sebelum menggunakan strategi pembelajaran index card match. 3) Efektivitas strategi pembelajaran index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo. Jenis peneltian yang digunakan pada penelitian ini yaitu jenis penelitian kuantitatif. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan bentuk penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, angket, dan tes. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik editing, scoring, dan tabulating. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo berjalan secara baik. 2) Hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo sebelum menggunakan strategi pembelajaran index card match tergolong dalam kategori kurang baik. 3) Penerapan strategi pembelajaran index card match memiliki efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dari hasil formulasi statistik uji T (T test) baik pada taraf signifikansi 1 % maupun pada taraf signifikansi 5 % dengan hasil 2,79 (1,99 < 2,79 > 2,65).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Elza Dwielzadwipratiwi@gmail.comD91218129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitholkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi Pembelajaran Index Card Match; Hasil Belajar Siswa; Mata Pelajaraan Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elza Dwi Pratiwi
Date Deposited: 07 Nov 2022 19:50
Last Modified: 07 Nov 2022 19:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55009

Actions (login required)

View Item View Item