Penggunaan media Youtube dalam pembelajaran daring Bahasa Arab: studi kasus pembelajaran Bahasa Arab secara daring di SDIT Hasanah Fiddaroin Turipinggir Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnaini, Fitri (2022) Penggunaan media Youtube dalam pembelajaran daring Bahasa Arab: studi kasus pembelajaran Bahasa Arab secara daring di SDIT Hasanah Fiddaroin Turipinggir Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Nurisnaini_D07217007 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan oleh peneliti, tentang pembelajaran bahasa Arab di SDIT Hasanah Fiddaroin dengan memanfaatkan Youtube ini menunjukkan adanya kendala dalam proses pembelajarannya, seperti terdapat siswa yang kurang memahami materi yang disampaikan guru saat pembelajaran daring menggunakan media Youtube. Dalam penelitian ini peneliti membahas tentang penggunaan media Youtube dalam pembelajaran daring Bahasa Arab SD IT Hasanah Fiddaroin, Turipinggir, Sidoarjo? 2) Apa faktor penghambat dan pendukung penggunaan media Youtube pembelajaran daring Bahasa Arab di SDIT Hasanah Fiddaroin. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, yang mana menggunakan teknik pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 2 guru pengajar baha Arab dan 2 siswa kelas IV, 2 siswa kelas V dan 2 siswa kelas VI SDIT Hasanah Fiddaroin. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang diperoleh dalam penelitian banyak menggunakan kata-kata, maka analisa data yang dilakukan melalui: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Dari segi perencanaan guru membuat perangkat pembelajaran RPP dan menggunakan Youtube sebagai media pembelajaran, guru mencari atau memilih video dengan memperhatikan durasi tidak terlalu panjang, menarik, jelas dan mudah dipahami. Langkah-langkah dalam menggunakan Youtube, guru mencopy link dan membagikan link tautan Youtube. Selanjutnya dari segi evaluasi yakni guru bisa memberikan penugasan melalui whatsapp group dan setiap siswa mengumpulkan tugas kepada guru melalui whatsapp. 2) faktor penghambat dari penggunaan media Youtube dalam pembelajaran daring bahwa, kurangnya interaksi secara langsung atau bertatap muka secara online antara guru dan siswa, koneksi internet yang masih kurang baik, pelafalan kata dan kalimat dalam video yang kurang jelas. Sedangkan faktor-faktor pendukung dari penggunaan media Youtube bahwa, video pada Youtube dapat disimpan atau download secara offline, video pada Youtube dapat diputar berulang kali jika siswa belum memahami, dapat melatih maharah istima’ siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnaini, Fitrifitrinurisnaini02@gmail.comD07217007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Penggunaan media Youtube; pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitri Nurisnaini
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:22
Last Modified: 13 Sep 2022 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55014

Actions (login required)

View Item View Item