Implementasi pendidikan karakter pada siswa inklusi di Sekolah Dasar Negeri Balowerti 1 Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustafa, Enrise Ananda (2022) Implementasi pendidikan karakter pada siswa inklusi di Sekolah Dasar Negeri Balowerti 1 Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Enrise Ananda Mustafa_D93215068 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada siswa inklusi di SD Negeri Balowerti 1 Kediri serta faktor pendukung dan faktor penghambar implementasi pendidikan karakter pada siswa inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping siswa inklusi sebagai informan kunci, serta orang tua siswa inklusi. Objek penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Balowerti 1 Kediri. Adapun hasil penelitian diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penanaman pendidikan karakter di SD Negeri Balowerti 1 Kediri telah dilakukan oleh guru kelas melalui proses belajar mengajar di kelas. Aspek utama yang ditanamkan kepada siswa adalah religius, sopan santun, tanggung jawab, dan kemandirian. Pendidikan karakter yang ditanamkan kepada siswa diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan meningkatkan prestasi siswa. Penanaman pendidikan karakter juga diberikan kepada siswa inklusi. Program pendidikan inklusif di SD Negeri Balowerti 1 Kediri telah berjaan sejak tahun 2007. Pada tahun ajaran 2021/2022, terdapat total 5 siswa inklusi diantaranya penyandang slow learner (lambat belajar) dan speech delay (lamban bicara). Penanaman pendidikan karakter pada siswa inklusi dilakukan oleh guru kelas yang dibantu oleh guru pendamping siswa inklusi. (2) Faktor yang mendukung implementasi pendidikan karakter pada siswa inklusi ialah adanya guru pendamping yang berkompeten siswa sehingga memudahkan dalam mengenal karakter siswa serta menanamkan pendidikan karakter kepada siswa inklusi. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah kurangnya kelengkapan sarana dan prasarana penunjang untuk siswa inklusi serta keberagaman sifat peserta didik yang membuat para guru pendamping harus lebih memahami karakter siswa guna mempermudah penyampaian pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustafa, Enrise Anandaenrise.mustafa@gmail.comD93215068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Pendidikan > Perilaku
Keywords: Pendidikan karakter; siswa inklusi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Enrise Ananda Mustafa
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:38
Last Modified: 09 Sep 2022 08:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55018

Actions (login required)

View Item View Item