Toxic Gaming : analisis pesan Surah Al-Hujurat Ayat 11 terhadap fenomena pemain game online di kalangan anak-anak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santoso, Muhammad Ilham (2022) Toxic Gaming : analisis pesan Surah Al-Hujurat Ayat 11 terhadap fenomena pemain game online di kalangan anak-anak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ilham Santoso_E03218017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada zaman yang modern ini, yaitu zaman di mana teknologi semakin berkembang menimbulkan dampak positif berupa mudahnya seseorang dalam berkomunikasi meskipun berada di daerah yang jauh sekalipun. Namun, dibalik semua itu terdapat pula dampak negatif yang teijadi akibat perkembangan teknologi ini. Media-media sosial dan game-game online banyak membawa pengaruh dan perubahan bagi dunia ini.Di masa inilah terdapat sebuah istilah “Toxic ” yang mana merupakan perilaku sekaligus sifat yang dimiliki oleh seseorang. Istilah ini merupakan tindakan negatif karena bersifat merugikan orang lain bahkan diri sendiri. Perilaku ini sering dijumpai dalam komunitas game online yang sedang viral di media sosial. Perilaku ini semakin umum dan menjadi kebiasaan para pemain game online khususnya. Dan yang lebih parahnya lagi perilaku ini telah menjadi kebiasaan pemain game online dari kalangan anak kecil. Jadi para pemain game tersebut mengejek temannya atau musuhnya dalam permainan dengan kata-kata buruk yang mana perilaku inilah dikenal dengan istilah Toxic ketika bermain game. Hal ini banyeic menimbulkan pengaruh negatif kepada orang yang berada di sekitarnya bahkan bisa merugikan diri sendiri. Konteks ini akan dikaji menggunakan ayat Alquran yang membahas perilaku manusia yang serupa dengan istilah “Toxic”, yakni pada surah Al- Hujurat ayat 11. Serta mengacu kepada beberapa kitab tafcir yang menjelaskan mengenai perilaku dalam ayat tersebut. Dalam ayat tersebut terdapat kata Yaskhar, Talmizu dan Al-Alqab yang artinya “Mengolok-ngolok. Ketiga kata ini sangat mirip dengan maksud perilaku Toxic yang dilakukan oleh pemain game online. Perilaku tersebut dilarang oleh Allah dengan berbagai alasan berdasarkan beberapa penjelasan dari kitab-kitab tafcir. Salah satunya karena perilaku ini sangat tercela dan terlaknat dan tentu saja menimbulkan dampak-dampak negatif bagi pihak lain sekaligus si pelaku. Sehingga perilaku Toxic ini sebaiknya dihindari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santoso, Muhammad Ilhamilhamsantoso2999@gmail.comE03218017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Subjects: Akhlak > Akhlak Tercela
Game Online
Teknologi
Anak > Kepribadian
Keywords: Toxic; gaming; mengejek; mencela; mengolok-ngolok
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Ilham Santoso
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:17
Last Modified: 28 Jul 2023 01:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55025

Actions (login required)

View Item View Item