Praktik penggunaan platform microsoft office 365 dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI di SDN Manukan Wetan IV Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adienk, Fayaz Mahassin Syifa’i (2022) Praktik penggunaan platform microsoft office 365 dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI di SDN Manukan Wetan IV Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fayaz Mahassin Syifa’i Adienk_D71218068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dengan adanya pandemic covid-19 yang tak kunjung usai yang membawa dampak besar dalam dunia Pendidikan, Dengan begitu munculah sistem pembelajaran yang baru yakni pembelajaran daring, yang mana pembelajaran ini lebih mengedepankan teknologi yang berbasis alat telekomunikasi jarak jauh. Tentunya pembelajaran daring ini membutuhkan alat atau fasilitas yaitu ada Microsoft office 365 sebagai platform penunjang dalam melanjutkan pembelajaran walau tidak bertatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) praktik Pembelajaran Daring menggunakan platform Microsoft office 365 di SDN Manukan Wetan IV 2) Apa saja daya dukung dalam penggunaan platform Microsoft office 365 di SDN Manukan Wetan 3) Faktor – Faktor Penghambat dalam praktik Penggunaan Platform Microsoft Office 365 di SDN Manukan Wetan IV dan solusi yang dilakukan Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data yang diperoleh melalui, wawancara, pengumpulan angket, observasi dan dokumentasi. Data data dari penelitian ini diambil dari guru dan siswa sekolah dasar yang sedang dijadikan objek penelitian ini.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) praktik penggunaan platform Microsoft office 365 ini sangat optimal digunakan di pembelajaran daring dikarenakan memang dalam platform tersebut kitab isa mengakses segala hal sebagai penunjang pembelajaran seperti teleconference, group kelas, mengirim pesan, dll. 2) daya dukung yang ada juga sangat memadai untuk platform ini dapat digunakan sebagai fasilitas pembelajaran yang ada saat sistem pembelajaran daring dan juga seluruh elemen sekolah pun dapat menggunakan aksesnya dengan mudah 3) walaupun aplikasi ini sangat optimal dan juga memiliki fitur yang begitu lengkap tetapi juga memiliki factor yang menghambat yang membuat pembelajaran daring menjadi terganggu, seperti penggunaan kuota yang begitu besar sehingga peserta didik sering kehabisan kuota dan juga dari penggunaan gadget yang tidak semua peserta didik memiliki dikarenakan kebutuhan ekonomi sehingga bagi siswa yang tidak memiliki akses gadget maka melakukan pembelajaran dengan computer yang dimiliki sekolah dengan melakukan protokol Kesehatan yang ketat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adienk, Fayaz Mahassin Syifa’ifayazfbx@gmail.comD71218068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Pengajaran
Telekomunikasi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Microsoft office 365; Pembelajaran daring; mata pelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fayaz adienk
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:52
Last Modified: 28 Oct 2022 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55037

Actions (login required)

View Item View Item