Eksploitasi dan keseimbangan alam perspektif Syeikh Wahbah Zuhaili: telaah penafsiran Surah Ar Rahman Ayat 6-12 dalam Tafsir al Munir fi al Aqidah wa ash Shariat wa al Manhaj

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Charis R, Siti Umi (2022) Eksploitasi dan keseimbangan alam perspektif Syeikh Wahbah Zuhaili: telaah penafsiran Surah Ar Rahman Ayat 6-12 dalam Tafsir al Munir fi al Aqidah wa ash Shariat wa al Manhaj. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Umi Al Charis R_E93216087 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan kerusakan lingkungan tidak lagi menjadi permasalahan yang terpisah dari agama dengan berbagai jenis kerusakan pada bumi, yang pada umumnya kerusakan itu berakar pada krisis spiritual dan eksistensi manusia modern. Krisis spiritual dan eksistensi manusia modern ini mengakibatkan mereka mengeksploitasi alam secara illegal maupun legal untuk memenuhi kebutuhannya tanpa mempedulikan keberlangsungan alam selanjutnya. Penafsiran al-Qur’an sangat berupaya untuk menawarkan solusi atas masalah krisis lingkungan juga dirasa sangat penting untuk memunculkan kesadaran masyarakat dalam mengatasi masalah keseimbangan alam. Dengan mengetahui konteks para mufasir, diharapkan adanya nilai-nilai dan norma-norma yang terkandung di dalamnya dapat ditarik dimasa sekarang sebagai dasar pijakan bagaimana seharusnya umat muslim berperilaku terhadap alam. Pembahasan ini berupaya menerangkan permasalahan keseimbangan alam dan menemukan solusi keadaan lingkungan yang tawarkan al-Qur’an menurut penafsiran Syeikh Wahbah Zuh{aili dalam Tafsir Al-Munir pada QS. Al-Rahman ayat 6-12, yaitu apa yang diciptakan Allah kepada makhlukNya untuk dimanfaatkan sebaik mungkin agar tetap terjaga dan lestari alam tersebut Penelitian menggunakan model kualitatif dengan jenis penelitian library research, dimana sumber data yang digunakan adalah dokumentasi yang mengacu pada tema kajian. Analisis data dengan metode analisis-deskriptif yang digunakan untuk mengupas serta menggambarkan pembahasan tentang keseimbangan alam oleh Syeikh Wahbah Zuh{aili.Hasil penulusuran mengungkapkan bahwa keseimbangan alam mempunyai relevansi dan implikasi terhadap kajian suatu pengetahuan, dalam penelitian ini ayat yang dijadikan rujukan adalah ayat 6-12 dalam QS. Al-Rahman yang membahas tentang lingkungan ekologis penafsiran Syeikh Wahbah Zuh{aili, diantaranya fenomena kerusakan lingkungan dan alam, urgensi pendidikan konservasi lingkungan, hubungan antara manusia dengan alam, mengambil manfaat dari alam tanpa merusaknya, prinsip dalam merespin krisis lingkungan dan alam, serta upaya untuk menjaga keseimbangan alam dengan baik. Eksitensi hewan dan tumbuhan di muka bumi ini memang harus tetap dijaga dan dilindungi, oleh karena itu manusia tidak diperkenankan untuk mengganggu ekosistem merekan dengan mengambil manfaat secara berlebihan, karena hubungan mereka adalah sama-sama makhluk Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Charis R, Siti Umiumialcharis@gmail.comE93216087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Al Qur'an
Ekologi
Keywords: Eksploitasi; keseimbangan alam; Syeikh Wahbah Zuhaili; Tafsir Al Munir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Siti Umi Al Charis R
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:53
Last Modified: 13 Sep 2022 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55043

Actions (login required)

View Item View Item