Perspektif aku dalam cerita perjalanan Novel Helen dan Sukanta karya Pidi Baiq: teori Carl Thompson

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Ahmad Taqiyuddin (2022) Perspektif aku dalam cerita perjalanan Novel Helen dan Sukanta karya Pidi Baiq: teori Carl Thompson. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Taqiyuddin Hidayah_A04218001 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan novel Helen dan Sukanta karya Pidi Baiq sebagai objek material dan sastra perjalanan (travel writing) Carl Thompsom sebagai sebagai objek formal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi cerita perjalanan dalam Helen dan Sukanta karya Pidi Baiq. penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori travel writing (sastra perjalanan) Carl Thompson. Sastra perjalanan atau travel writing merupakan karangan yang berisikan segala data atau rekam jejak yang tertuang dalam bentuk kata atau kalimat oleh seseorang yang sedang melakukan perjalanan baru. Penelitian deskriptif ini mendeskripsikan representasi “aku” yang terdapat dalam buku Helen dan Sukanta karya Pidi Baiq. Hasil dari penelitian ini ialah adanya penggambaran dunia yang diperlihatkan oleh “aku” yang mengarah pada sisi objektif. Dalam hal ini adalag perspektif “Aku” selama perjalanan. Dapat dilihat bahwasannya pola sastra perjalanan ini, “diri” memiliki dunia yang berlapis, artinya “aku” mengetahui orang lain dengan sudut pandangnya sendiri ketika melakukan suatu perjalanan baik dalam negeri maupun diluar negeri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Ahmad Taqiyuddinahmadtaqiyuddin19@gmail.comA04218001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Thesis advisorAtikurrahman, Mohatiqurrahmann@uinsby.ac.id2007108504
Subjects: Bahasa Indonesia
Sastra
Keywords: Novel; Helen dan Sukanta; aku; sastra perjalanan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Ahmad Taqiyuddin Hidayah
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:50
Last Modified: 19 Sep 2022 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55051

Actions (login required)

View Item View Item