Implementasi pendidikan karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Banat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chaqiqi, Muchammad (2022) Implementasi pendidikan karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Banat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Chaqiqi_D97218099 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah yang peneliti ajukan yakni: (1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter religius di Madrasah Ibtida’iyah Roudlotul Banat Sidoarjo? (2) Apa kendala selama menerapkan pendidikan karakter religius di Madrasah Ibtida’iyah Roudlotul Banat Sidoarjo? (3) Bagaimana solusi dalam mengatasi kendala saat menerapkan pendidikan karakter religius di Madrasah Ibtida’iyah Roudlotul Banat Sidoarjo? Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter religius dan mengetahui kendala beserta solusi atau upaya mengatasinya.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis yang digunakan yakni: (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data (4) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) penerapan pendidikan karakter religius di Madrasah Ibtida’iyah Roudlotul Banat menggunakan metode yang sudah diajarkan oleh Rosulullah SAW. yaitu metode keteladanan (al-Uswah al-Hasanah),metode pembiasaan (Ta’widiyyah), metode Mau’izhah dan nasehat, metode kisah (Qashash), metode perumpamaan (Amtsal), metode hadiah (Tsawab) dan hukuman (Iqab) dan penerapan di sekolah ini sudah memenuhi 5 aspek religius yaitu aspek keyakinan (Religius belief), aspek menjalankan kewajiban (Religius practice), aspek penghayatan (Religius feeling), aspek pengetahuan (Religius knowledge), aspek perilaku (Religius effect). (2) adapun kendala dalam menerapkan pendidikan karakter religius di Madrasah Ibtida’iyah Roudlotul Banat adalah perbedaan latar belakang peserta didik, kurangnya perhatian orang tua, teman-teman, sarana dan prasarana. (3) terdapat upaya untuk mencari solusi dalam mengatasi kendala yaitu: controlling, membuat tata tertib, memberi hukuman, memberi hadiah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chaqiqi, Muchammadmuchammad.chaqiqi@gmail.comD97218099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan karakter; karakter religius
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muchammad Chaqiqi
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:10
Last Modified: 13 Sep 2022 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55057

Actions (login required)

View Item View Item