Pengaruh pendampingan orang tua terhadap motivasi belajar TK A di TK Al Ukhuwah Tambakrejo Waru Sidoaro selama pandemi Covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholidah, Nur (2022) Pengaruh pendampingan orang tua terhadap motivasi belajar TK A di TK Al Ukhuwah Tambakrejo Waru Sidoaro selama pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Cholidah_D98216046 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Belajar dari rumah menjadikan salah satu terputusnya penyebaran covid-19. Dalam menerapkan sistem pembelajaran dari rumah, orang tua sangat berperan penting dalam sebuah keluarga sehingga orang tua selalu mendampingi anaknya akan senantiasa termotivasi belajar selama sistem daring sekarang ini. Jadi dengan adanya pembelajaran dari rumah, orang tualah menjadi pendamping sebagai pendidik penggangti guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendampingan orangtua terhadap motivasi belajar kelas TK-A di TK Al-Ukhuwah Tambak Rejo Waru Sidoarjo selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan melalui pengolahan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner, dokumentasi, wawancara dan observasi untuk mencari fakta aktual. Metode analisis yang digunakan pada penulisan ini yaitu analisis regresi sederhana yang digunakan untuk menerangkan beberapa variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Penelitian ini dilakukan di TK-Al Ukhuwah Tambakrejo Waru Sidoarjo. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di TK Al-Ukhuwah yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif pendampingan orang tua terhadap motivasi belajar kelas TK_A di TK Al-Ukhuwah Tambakrejo aru Sidoarjo.hal ini daat dilihat dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 0,418 yang menunjukkan bahwa nilai koefisien Adjusted R Square adalah sebesar 13,9% variabel pendampingan orangtua dapat dijelaskan oleh variabel motivasi belajar. Sedangkan sekitar 86,1% lainnya dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat raliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas tidak terjadi heterokedastisitas,dan berdistribusi normal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholidah, Nurnurcholidah1598@gmail.comD98216046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorMusthofa, Muhammad Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Motivasi Belajar
Orang tua dan Anak
Keywords: Pendampingan orang tua; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: nur cholidah
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:07
Last Modified: 14 Sep 2022 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55058

Actions (login required)

View Item View Item