Analisis hukum Islam terhadap sewa menyewa antara pedagang pasar nanas dengan bukan pemilik lahan di Desa Tambak Sumur Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Alif Ahmad (2022) Analisis hukum Islam terhadap sewa menyewa antara pedagang pasar nanas dengan bukan pemilik lahan di Desa Tambak Sumur Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alif ahmad Maulana_C02218006 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa antara Pedagang Pasar Nanas dengan Bukan Pemilik Lahan di Desa Tambak Sumur Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo” menjawab rumusan masalah di antaranya (1) Bagaimana praktik sewa menyewa antara pedagang Pasar Nanas dengan bukan pemilik lahan di Desa Tambak Sumur Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo ? Dan (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sewa menyewa antara pedagang Pasar Nanas dengan bukan pemilik lahan di Desa Tambak Sumur Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo? Penelitian ini merupakan jenis penelitian hasil lapangan, dengan cara teknik pengumpulan datanya yang berupa dokumentasi dan wawancara. Data ini di analisis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa: Ditinjau dari hukum Islam dari segi sewa-menyewa antara pedagang Pasar Nanas dengan bukan pemilik lahan di Desa Tambak Sumur Kecamatan Waru kabupaten Nanas diperbolehkan karena memenuhi rukun atau syarat ijārah sebab yaitu adanya pihak pemberi sewa, pihak yang menyewa, obyek ijārah, upah, dan akad (perjanjian). Hal ini dalam hasil analisis metode hukum Islam maṣlaḥah mursalah adalah diperbolehkan karena sewa-menyewa ini banyak mendatangkan manfaat sehingga memenuhi syarat-syarat maṣlaḥah mursalah. Sejalan dengan segala ketentuan hukum Islam yang telah disebutkan praktik sewa-menyewa lahan di Pasar Nanas ini diperbolehkan untuk dilaksanakan karena tidak bertentangan dengan Al-Qur’an, hadist, dan ijma’. Berdasarkan kesimpulan diatas, guna mencapai tujuan yang baik. Maka, disarankan bagi pihak pengurus pasar dan pedagang sebaiknya mejaga ketertiban terkait penggunaan lahan dan membersihkan lahan yang digunakan untuk sewa-menyewa agar sewa menyewa yang dilakukan atas lahannya yang tidak terpakai ini akan lebih bermanfaat dan tidak mengganggu kemaslahatan orang banyak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Alif Ahmadalifahmadmaulana38@gmail.comC02218006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJailani, Imam Amrusisriamrusi@yahoo.co.id2003017002
Subjects: Muamalat Muamalah
Sewa
Keywords: Hukum Islam; sewa menyewa; lahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahmad Alif
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:14
Last Modified: 18 Oct 2023 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55066

Actions (login required)

View Item View Item