Integrasi pelafalan doa dan gerakan shalat melalui pembiasaan shalat dhuha dalam meningkatkan aspek agama anak usia 5-6 tahun di TK Menganti Permai

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyaningsih, Aisyah (2022) Integrasi pelafalan doa dan gerakan shalat melalui pembiasaan shalat dhuha dalam meningkatkan aspek agama anak usia 5-6 tahun di TK Menganti Permai. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Cahyaningsih_D99217055.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelafalan doa dan gerakan shalat perlu di integrasikan agar ibadah shalat dapat lebih mudah diajarkan dan dibiasakan pada anak, pembiasaan dapat disisipkan melalui kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah, seperti membiasakan anak untuk melaksanakan shalat dhuha sebelum memulai pembelajaran, dengan demikian juga dapat meningkatkan aspek agama anak dengan sendirinya seperti dalam hal mengenal ibadah-ibadah yang menjadi kewajiban seorang muslim yang dapat diajarkan dan dibiasakan sejak usia dini.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana integrasi pelafalan dan gerakan shalat melalui pembiasaan shalat Dhuha dalam meningkatkan aspek agama anak usia 5-6 tahun di TK Menganti Permai Kabupaten Gresik dan 2) Apakah integrasi pelafalan doa dan gerakan shalat melalui pembiasaan shalat Dhuha dapat meningkatkan aspek agama anak usia 5-6 tahun di TK Menganti Permai Kabupaten Gresik.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Sedangkan pada uji keabsahan data, peneliti menggunakan Triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Integrasi pelafalan doa dan gerakan shalat pada anak usia 5-6 tahun di TK Menganti Permai Kabupaten Gresik dilakukan secara bersama-sama dengan guru agama, guru memperhatikan setiap gerakan dan bacaan yang dilakukan anak. Dari hasil pengumpulan data sebanyak empat kali oleh peneliti, integrasi pelafalan doa dan gerakan shalat anak semakin membaik pada kegiatan praktik shalat Dhuha setiap minggunya. 2) Integrasi pelafalan doa dan gerakan shalat melalui pembiasaan shalat Dhuha pada anak usia 5-6 tahun di TK Menganti Permai Kabupaten Gresik dapat meningkatkan aspek agama anak. Praktik shalat Dhuha dilakukan seminggu sekali yaitu setiap hari Rabu. Dengan adanya praktik shalat Dhuha ini perkembangan aspek agama anak semakin baik dan menjadi kebiasaan yang baik juga bagi anak di masa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyaningsih, Aisyahaisyahcahyaningsih4@gmail.comD99217055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto--197311162007101001
Thesis advisorMusthofa, Muhammad Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Ibadah
Keywords: Integrasi Pelafalan Doa dan Gerakan Shalat; Pembiasaan Shalat Dhuha; Aspek Agama Anak Usia 5-6 Tahun
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Aisyah Cahyaningsih
Date Deposited: 10 Nov 2022 08:19
Last Modified: 10 Nov 2022 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55070

Actions (login required)

View Item View Item