Peramalan harga Bitcoin menggunakan metode Fuzzy Time Series Lee

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainiyah, Lailatul (2022) Peramalan harga Bitcoin menggunakan metode Fuzzy Time Series Lee. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Ainiyah_H02218005 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi terus mengalami peningkatan diberbagai bidang, termasuk bidang keuangan. Pada bidang keuangan inovasi terus dilakukan, salah satunya adalah adanya mata uang digital (cryptocurrency). Bitcoin merupakan salah satu cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Selain sebagai mata uang, Bitcoin juga dapat digunakan untuk investasi. Namun berinvestasi dengan Bitcoin mempunyai risiko tinggi. Hal ini dikarenakan harganya yang fluktuatif. fluktuatif ini erat kaitannya dengan kebijakan ekonomi dunia. Ketika jumlah permintaan Bitcoin meningkat harga yang dimiliki juga meningkat begitupun sebaliknya. Unsur ketidakpastian ini mempengaruhi harga Bitcoin sehingga menyebabkan harga Bitcoin bersifat kabur (fuzzy). Penelitian ini bertujuan meramalkan harga Bitcoin menggunakan metode FTS model Lee, yang merupakan pengembangan dari beberapa model FTS sebelumnya, yaitu Song dan Chissom, Cheng dan Chen. Menurut sebagian besar penelitian sebelumnya, model Lee dinyatakan mampu menyampaikan hasil peramalan yang lebih tepat daripada model klasik dari Fuzzy Time Series. Penelitian ini menggunakan orde satu, orde dua dan orde tiga, dimana peneliti memperoleh hasil nilai error dari orde satu sebesar 5.419%, orde dua sebesar 4.042% dan orde tiga sebesar 2.819%. Namun dari ketiga orde tersebut yang dapat digunakan untuk meramalkan harga Bitcoin periode selanjutnya adalah orde satu, yakni sebesar 53584.8 USD. Hal ini dikarenakan relasi yang dihasilkan pada periode selanjutnya tidak didapati pada grup-grup yang telah ditentukan sebelumnya dalam FLRG orde dua dan orde tiga. Sehingga meskipun orde dua dan orde tiga memiliki tingkat akurasi lebih kecil dibandingkan orde satu pada data harga Bitcoin, namun metode FTS Lee orde dua dan orde tiga tidak dapat diramalkan untuk periode 2 Januari 2022.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainiyah, Lailatullailatul.ainiyah1011@gmail.comH02218005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Thesis advisorHakim, Lutfilutfihakim@uinsby.ac.id197312252006041001
Subjects: Investasi
Mata Uang
Keuangan
Keywords: Peramalan; Bitcoin; Fuzzy Time Series; Lee
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Lailatul Ainiyah
Date Deposited: 04 Aug 2023 01:11
Last Modified: 04 Aug 2023 01:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55072

Actions (login required)

View Item View Item