Moderasi beragama dalam buku Berislam Seperti Kanak-kanak karya Kalis Mardiasih dalam perspektif Hermeneutika Jorge Gracia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamia, Mutiara (2022) Moderasi beragama dalam buku Berislam Seperti Kanak-kanak karya Kalis Mardiasih dalam perspektif Hermeneutika Jorge Gracia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Mutiara Islamia_E91218090 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara multikultural, hal itu dapat diketahui melalui beragam suku, budaya dan agama yang dimiliki oleh masyarakat. Meskipun memiliki keanekaragaman, Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan pemeluk agama Islam terbanyak di dunia, tentu saja hal itu menjadi perhatian khusus dalam konteks moderasi Islam. Penelitian ini mengupas mengenai isi buku Kali Mardiasih yang berjudul Berislam Seperti Kanak-kanak dengan rumusan masalah:pertama, bagaimana moderasi beragama dalam buku Berislam Seperti Kanak-kanak karya Kalis Mardiasih? Kedua, bagaimana analisis hermeneutik Jorge Gracia dalam buku Berislam Seperti Kanak-kanak karya Kalis Mardiasih? Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu Library Research dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif analitik, penelitian ini menggunakan teori interpretasi hermeneutika Jorge Gracia sebagai alat untuk menganalisis buku Berislam Seperti Kanak-kanak karya Kalis Mardiasih. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, pemahaman moderasi agama dalam buku Berislam Seperti Kanak-kanak terbentuk dari pengalaman yang diperoleh penulis fungsi historis Kalis dengan buku Berislam Seperti Kanak-kanak. Kedua, terdapat makna moderasi dalam buku tersebut dan ketiga, terdapat implikasi pemikiran moderasi Kalis dengan buku Berislam Seperti Kanak-kanak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamia, MutiaraE91218090@uinsby.ac.idE91218090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaida2rahma@Gmail.com2123017602
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Buku > Buku bacaan -- Buku terpilih
Keywords: Moderasi agama; Hermeneutika Jorge Gracia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Mutiara Islamia -
Date Deposited: 20 Sep 2022 07:37
Last Modified: 20 Sep 2022 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55078

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item