Pengelolaan program prophetic enterpreneur education dalam meningkatkan kemandirian ekonomi dan kewirausahaan siswa di SMP Islam Daru Ulul Albab Ngronggot Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzakki, Hamid (2022) Pengelolaan program prophetic enterpreneur education dalam meningkatkan kemandirian ekonomi dan kewirausahaan siswa di SMP Islam Daru Ulul Albab Ngronggot Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hamid Muzakki_D93217094.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan program Prophetic entrepreneur dalam meningkatkan kemandirian ekonomi dan kewirausahaan siswa di smp Islan daru ulul Albab Ngronggot Nganjuk, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Dosen pembimbing I Drs. Nur kholis, M.Ed. PhDr. Dan Dosen Pembimbing II Sulanam,M.Pd SMP Islam Daru Ulul Albab didirikan pada tahun 2004, secara geografis SMP Islam Daru Ulul Albab Ngronggot terletak di pinggiran kota jauh dari kebisingan kota tepatnya di pedesaan di Jl. Sungai Brantas No.25 Kelutan Ngronggot Nganjuk. Dalam lembaga pendidikan ini mempunyai program pembelajaran yang unik yaitu program Prophetic Enterpreneur. Program Prophetic entrepreneur education adalah program penguatan ekonomi dan kewirausahaan untuk siswa di Smp Islam Daru Ulul Albab yang menjadikan Nabi Muhammad Saw sebagai role model dalam dan suri tauladan. Dalam penelitian ini mempunyai tujuanm untuk meneliti tentang pengelolaan program prophetic enterpreneur education. Penelitian ini menggunakan data melalui wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: 1. Program ini diadakan saat masa pandemi COVID-19 dengan tujuan memberikan pengalaman dan pengetahuan lebih terkait entrepreneur kepada peserta didik. Rancangan program entrepreneur yang akan diberikan pada peserta didik SMP Daru Ulil Albab menggunakan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW sebagai dasar penerapannya. 2. Program pengelolaan prophetic entrepreneur dalam meningkatkan kemandirian ekonomi dan kewirausahaan siswa di SMP Islam Daru Ulul Albab Ngronggot Nganjuk terdiri dari empat tahapa yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. 3. Bentuk kemandirian ekonomi dan jiwa kewirausahaan siswa adalah dengan pemanfaatan hasil panen budidaya yang meliputi penjualan dan pengolahan ulang hasil panen. Baik pemanfaat ekonomi berupa langsung di jual maupun di buat bebrpa produk sepereti abon dan kripik.4. Tahapan pelaksanaan peserta didik diwajibkan mengikuti segala macam rangkaian kegiatan yang ada dalam program prophetic entrepreneur yang pada kesempatan ini adalah membudidayakan sayur dan hewan ternak. Selanjutnya pada tahapan pengawasan, pengawasan dilakukan terhadap peserta didik dan guru pendamping. 5. Fokus terkait evaluasi terhadap pengelolaan budidaya, dan yang kedua adalah evaluasi terhadap pemanfaatan hasil panen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzakki, Hamidhamidmuzakki56@gmail.comD93217094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Anak
Amil Zakat
Keywords: Pengelolaan Program; Propethic Enterpreneur; Kemandirian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hamid Muzakki
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:00
Last Modified: 22 Nov 2022 04:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55087

Actions (login required)

View Item View Item