Kontra narasi ekstremisme Jamaah Ansharut Daulah (JAD) perspektif teori language games Ludwig Wittgenstein

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibullah, Muhammad (2022) Kontra narasi ekstremisme Jamaah Ansharut Daulah (JAD) perspektif teori language games Ludwig Wittgenstein. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Habibullah_E91218086 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jamaah Ansharut Daulah (JAD) merupakan salah satu kelompok Islam ekstrem yang memiliki pengaruh kuat dalam penyebaran paham takfiri di Indonesia. Kelompok ini terbukti kuat terafiliasi kepada NIIS (Negara Islam Iraq dan Suriah) yang merupakan kelompok Islam transnasional yang tersohor ekstrem. JAD termasuk salah satu kelompok ekstrem di Indonesia yang paling banyak memiliki pengikut dan tersebar keseluruh wilayah Indonesia. Hal ini didasarka pada banyaknya masyarakat Indonesia, khususnya pemeluk agama Islam yang terpapar ideologi JAD. JAD memiliki karakter yang berbeda dari kelompok pendahulunya yang juga melakukan aksi terorisme. Karakter JAD yaitu seperti menargetkan musuh terdekat (near enemy), mengkafirkan semua yang mengabdi kepada negara, melakukan aksi lone wolf, melibatkan satu keluarga dalam aksi jihadnya, serta melibatkan perempuan. Dengan demikian, penelitian ini mengarah terhadap salah satu wujud kontra narasi/usaha preventif sebagai bentuk tameng diri menghalau narasi-narasi yang demikian berbahaya. Kajian dalam penelitian ini menggunakan model deskriptif analisis berbasis library research dengan mengambil data-data yang bersumber dari data primer, maupun data sekunder. Adapun temuan dalam penelitian ini, yaitu memberikan cara baru dalam mengantisipasi narasi-narasi ekstrem yang diajarkan oleh JAD (Jamaah Ansharut Daulah), yakni melalui analisis language games (permainan bahasa) Ludwig Wittgenstein. Melalui analisa tersebut dapat ditemukan bahwa terdapat sebuah struktur permainan bahasa propaganda, mengahasut, berdoa, dan perintah yang disampaikan secara agamis dan berupa pembenaran-pembenaran. Maka dari itu, analisis language games memberikan suatu cara, yaitu dengan memperhatikan kata menurut penggunaannya dalam kalimat, memperhatikan makna kalimat menurut penggunaannya didalam bahasa, dan memperhatikan makna bahasa menurut penggunaannya didalam kehidupan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibullah, Muhammadmuhammadhabibullah2112@gmail.come91218086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat Wakhidnhwahiduddin@gmail.com2026118001
Subjects: Agama
Filsafat
Keywords: Kontra narasi; ekstremisme; Jamaah Ansharut Daulah; language games Ludwig Wittgenstein
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Muhammad Habibullah
Date Deposited: 05 Oct 2022 02:54
Last Modified: 18 Oct 2023 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55089

Actions (login required)

View Item View Item