Analisis kualitas pelayanan website Surabaya Single Window (SSW) menggunakan metode E-govqual Modifikasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pamungkas, Zidan Catur (2022) Analisis kualitas pelayanan website Surabaya Single Window (SSW) menggunakan metode E-govqual Modifikasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zidan Catur Pamungkas_H76218047.pdf

Download (2MB)

Abstract

Layanan perizinan online yang disediakan oleh Pemerintah Kota Surabaya disebut Surabaya Single Window (SSW). Pengaruh positif dari perizinan online adalah efisiensi dan efektivitas kinerja birokrat. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik pada warga Surabaya lewat E-government ini, maka diperlukan feedback kepada Pemerintah Kota Surabaya dengan cara menganalisis kualitas layanan website Surabaya Single Window (SSW) terhadap kepuasan pengguna. Alasan penelitian ini dilakukan karena belum adanya feedback yang di publish oleh Pemerintah Kota Surabaya terkait kualitas pelayanan yang ada pada website tersebut dan website merupakan tolak ukur paling sederhana dalam melihat implementasi E-government sehingga masyarakat dan Pemerintah Kota Surabaya perlu tahu bagaimana kualitas pelayanan website tersebut terhadap kepuasan pengguna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan mempengaruhi kepuasan pengguna pada website Surabaya Single Window (SSW). Sampel pada penelitian ini adalah 99 responden, dihitung dengan rumus slovin menggunakan teknik purposive sampling. Metode E-govqual Modifikasi yang dipakai penelitian ini karena adanya 2 variabel tambahan yaitu variabel kualitas visual dan variabel keseluruhan diharapkan membantu kualitas pelayanan website Surabaya Single Window (SSW). Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan Uji Validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji T, dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian ini, kualitas pelayanan website Surabaya Single Window (SSW) berpengaruh sebesar 77,9% terhadap kepuasan pengguna, dan memiliki nilai koefisien korelasi 88,3%. Disimpulkan bahwa website Surabaya Single Window (SSW) terdapat korelasi positif antara kepuasan pengguna dengan kualitas pelayanan E-government. Hasil penelitian ini dapat menjadi evaluasi untuk pengembang website Surabaya Single Window (SSW) serta bisa menjadi referensi untuk penelitian berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pamungkas, Zidan Caturzidancaturpamungkas@gmail.comH76218047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzudin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Thesis advisorPermadi, Andhyandhy@uinsby.ac.id2014108103
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Kualitas Layanan; E-government; Website Surabaya Single Window (SSW); E-govqual Modifikasi; Regresi Linier Berganda
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Zidan Catur Pamungkas
Date Deposited: 27 Nov 2022 16:01
Last Modified: 27 Nov 2022 16:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55092

Actions (login required)

View Item View Item