Pemenuhan hak pendidikan dan pengasuhan anak usia dini pada Paud Holistik Integratif (PAUD-HI) di TK Negeri 1 Pembina Mojosari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafidzoh, Hani Laili (2022) Pemenuhan hak pendidikan dan pengasuhan anak usia dini pada Paud Holistik Integratif (PAUD-HI) di TK Negeri 1 Pembina Mojosari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hani Laili Hafidzoh_D99218056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia masih dalam tahap pembangunan, terutama dalam meningkatkan kesetaraan kualitas dan meratanya pendidikan di Indonesia. Pendidikan juga diharapkan sebagai wadah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) adalah upaya yang telah dirancang pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan sehingga kualitas sumber daya manusia di Indonesia lebih baik, termasuk di dalamnya adalah pemenuhan pengasuhan yang tepat pada anak-anak, karena pendidikan yang berkualitas dipengaruhi oleh pengasuhan yang tepat dari orang tua dan guru, sehingga pemenuhan hak pendidikan dan pengasuhan akan terpenuhi dengan baik.Metode penelitian pada penelitianini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik simpulan. Dan teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi data, kecukupan referensi, dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PAUD-HI di TKN 1 Pembina Mojosari untuk memenuhi hak pendidikan dan pengasuhan dilaksanakan cukup baik. Pada pemenuhan hak pendidikan telah terlaksana 7 prinsip dari 10 prinsip yang sesuai dengan layanan pendidikan pada PAUD-HI dan 3 pripsip layanan pendidikan masih samar dalam pelaksanaannya. Pada pemenuhan hak pengasuhan dilaksanakan melalui program parenting dan adanya upaya guru dalam melibatkan orang tua pada kegiatan anak di sekolah, serta guru juga selalu memantau perkembangan anak dan mengkomunikasikan perkembangan anak kepada orang tua, dan hal ini sesuai dengan layanan pengasuhan pada PAUD-HI. Peran guru dalam memenuhi hak pendidikan dan pengasuhan memiliki peran yang penting dalam pemenuhan hak pendidikan dan pengasuhan, diantaranya guru sebagai perancang pembelajaran, pendidik kegiatan belajar, mengevaluasi perkembangan dan juga memantau perkembangan anak-anak. Pemenuhan hak pendidikan dan pengasuhan pada PAUD-HI di TKN 1 Pembina Mojosari, terlaksana dengan baik meskipun masih terlihat beberapa layanan samar pada pelaksanaannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafidzoh, Hani Lailihanilaiilihaf@gmail.comD99218056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoyaroh, Mukhoyaroh-197304092005012002
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id201409007
Subjects: Pendidikan > Anak
Hak Asasi Manusia
Anak > Kepribadian
Keywords: Pemenuhan hak pendidikan; anak usia dini; Paud Holistik Integratif (PAUD-HI)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hani Laili Hafidzoh
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:17
Last Modified: 05 Oct 2022 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55108

Actions (login required)

View Item View Item