Pengaruh penggunaan media belajar ulat angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelompok A di TK Kenanga Dukuhklopo Peterongan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Sabrina Awaliyah (2022) Pengaruh penggunaan media belajar ulat angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelompok A di TK Kenanga Dukuhklopo Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sabrina Awaliyah Rohmah_D99217049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kesulitan guru dalam mengenalkan kosep bilangan atau angka kepada anak usia dini. Hal ini dikarenakan konsep bilangan sifatnya abstrak dan anak usia dini belum bisa berpikir secara abstrak melainkan mereka berpikir secara kongkrit. Oleh karena itu dalam mengenal konsep bilangan bagi anak, tidak hanya menggunakan tampilan bahasa lisan saja tetapi harus diiringi dengan tampilan model/benda mainan serta dibutuhkan media yang kongkrit untuk membantu proses pengenalan konsep bilangan. Salah satu media yang tepat dan menarik untuk memudahkan anak dalam mengenal lambang bilangan adalah media belajar ulat angka. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui penggunaan media belajar ulat angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada Kelompok A di TK Kenanga Dukuhklopo Peterongan Jombang. (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa terhadap penggunaan media belajar ulat angka pada Kelompok A di TK Kenanga Dukuhklopo Peterongan Jombang. (3) Untuk mengetahui pengaruh setelah diterapkan media belajar ulat angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada Kelompok A di TK Kenanga Dukuhklopo Peterongan Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eskperimental. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas berjumlah 30 anak. Teknik sampling jenis Probability Sampling sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan peneliti adalah kelas A1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 15 siswa dan kelas A2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes, dokumentasi, dan observasi. Analisi data berupa analisis deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media belajar ulat angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada Kelompok A di TK Kenanga Dukuhklopo Peterongan Jombang yaitu pembukaan, kegiatan inti, dan tanya jawab. 2) Kemampuan siswa terhadap penggunaan media belajar ulat angka pada Kelompok A di TK Kenanga Dukuhklopo Peterongan Jombang mengalami peningkatan. Pada kelas eksperimen yang semula dengan pada kategori kurang meningkat pada kategori baik. Sedangkan nilai rata-rata Indikator pada kategori Belum Berkembang meningkat pada kategori Berkembang Sesuai Harapan. 3) Terdapat pengaruh yang siginifikan setelah diterapkan media belajar ulat angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada Kelompok A di TK Kenanga Dukuhklopo Peterongan Jombang. Berdasarkan pada hasil pengujian hipotesis dengan Uji Mann Whitney bahwa nilai asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,017 > 0,05, yang artinya nilai Sig. (2-tailed) lebih besar dari pada nilai sig. 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Sabrina Awaliyahsabrinaawaliyahrohmah@gmail.comD99217049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Belajar
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Media belajar ulat angka; lambang bilangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Sabrina Awaliyah Rohmah
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:53
Last Modified: 05 Oct 2022 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55109

Actions (login required)

View Item View Item