Efektivitas penyaluran pembiayaan dalam pemberdayaan masyarakat pelaku usaha sekitar pesantren: studi LKMS BWM Tebuireng mitra sejahtera dan LKMS BWM Bahrul Ulum Barokah Sejahtera

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Kuhlil (2022) Efektivitas penyaluran pembiayaan dalam pemberdayaan masyarakat pelaku usaha sekitar pesantren: studi LKMS BWM Tebuireng mitra sejahtera dan LKMS BWM Bahrul Ulum Barokah Sejahtera. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kuhlil Hidayah_F02419124.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyaluran pembiayaan di LKMS BWM Tebuireng dan LKMS BWM Bahrul Ulum, konsep pemberdayaan masyarakat pelaku usaha sekitar pesantren di LKMS BWM Tebuireng dan LKMS BWM Bahrul Ulum serta efektivitas penyaluran pembiayaan dalam pemberdayaan masyarakat pelaku usaha sekitar pesantren di LKMS BWM Tebuireng dan LKMS BWM Bahrul Ulum. Penelitian ini merupakan hasil penelitian field research atau lapangan berjenis kualitatif dengan pendekatan studi komparatif. Objek penelitian ada dua tempat yaitu LKMS BWM Tebuireng dan LKMS BWM Bahrul Ulum. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisis data secara induktif. Melakukan penilaian efektivitas melalui tiga tolak ukur yaitu perkembangan usaha nasabah, peningkatan kualitas SDM, dan peningkatan kualitas hidup nasabah. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penyaluran pembiayaan di kedua LKMS BWM secara umum hampir sama sesuai tahapan LAZNAS BSM Umat namun dalam mekanisme pencairan pembiayaan terdapat beberapa perbedaan kebijakan. Kemudian secara konsep pemberdayaan di kedua LKMS BWM secara pelaksanaan fokus pada kegiatan Halmi. Dan penilaian efektivitas dalam pemberdayaan masyarakat pelaku usaha yang dilakukan oleh kedua LKMS BWM masih kurang efektif. Meskipun 50% nasabah mampu mencapai tujuan namun belum sepenuhnya berkembang sesuai harapan. Sekitar 20% nasabah sisanya hampir tidak mengalami perubahan baik dalam kondisi usaha maupun kualitas hidup perekonomiannya. Program penyaluran pembiayaan di LKMS BWM bisa menjadi salah satu percontohan bagi lembaga lain. Karena selain diberikan dana pembiayaan terdapat kontribusi nyata dari lembaga untuk meningkatkan level masyarakat dalam bentuk pendampingan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Kuhlilhylda.chaimb@gmail.comF02419124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotib, Khotibkhotibsholeh@gmail.com196906082005011003
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com197311171998031003
Subjects: Ekonomi Islam
Pemberdayaan
Keywords: efektivitas; pemberdayaan masyarakat; bank wakaf mikro; pemberdayaan disertai pendampingan
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kuhlil Hidayah
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:47
Last Modified: 13 Mar 2023 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55120

Actions (login required)

View Item View Item