Program pelatihan kewirausahaan dalam jasa layanan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam meningkatkan sikap mandiri siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nada, Uhilla Firdausin (2022) Program pelatihan kewirausahaan dalam jasa layanan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam meningkatkan sikap mandiri siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uhilla Firdausin Nada_D03217035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian tentang program pelatihan kewirausahaan dalam jasa layanan badan layanan umum daerah (BLUD) dalam meningkatkan sikap mandiri siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya, kepala sekolah dalam mengembangkan program pelatihan kewirausahaan dalam jasa layanan badan layanan umum daerah (BLUD) di SMK Negeri 1 Surabaya. jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini antara lain kepala sekolah, kepala BLUD, bendahara BLUD, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dan Interpretasi data yang digunakan oleh peneliti adalah model Miles dan Huberman serta uji keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) program pelatihan kewirausahaan dalam jasa layanan badan layanan umum daerah (BLUD) di SMK Negeri 1 Surabaya yakni program dengan memadukan antara pelatihan dan pembelajaran kewirausahaan sehingga menciptakan siswa yang berbekal kewirausaan. Program ini dirancang dengan kurikulum Blud yang dominan untuk mengembangkan unit produksi sekolah antara lain yakni Teaching Factory (Tefa) ini terdiri beberapa bidang kewirausahaan yakni; 1) Pengembangan usaha, terdiri dari mini market, bisnis center, kasir, dan menata produk. 2) Teknopark, terdiri dari cetak banner, sablon, dan cetak id card. 3) Multi media, terdiri dari jasa printer dan jasa desain. (2) Meningkatkan sikap Mandiri siswa di SMK Negeri 1 Surabaya yakni (1) melatih jiwa para siswa-siswi untuk berwirausaha (2) pelatihan membuat produk sendiri (3) lulusan smk siap untuk bekerja (4) melibatkan para karyawan sekolah dan masyarakat (5) memberi penghargaan dan bonus (6) meningkatkan pembelajaran dan pelatihan kewirausahaan (7) skill siswa dan kemauan siswa sendiri (8) mendayagunakan sarana prasarana. Manajemen strategi tersebut disusun dengan beberapa tahapan strategi yakni dengan: penilaian keperluan penyusunan stategi, analisis situasi dan lingkungan, kemudian pemilihan strategi. (3) program pelatihan kewirausahaan dalam jasa layanan badan layanan umum Daerah (BLUD) dalam meningkatkan sikap madiri siswa di SMK Negeri 1 Surabaya pada pelaksanaanya Kepala Sekolah menentukan beberapa strategi, diantaranya yaitu : (a) menjaring calon siswa dengan melakukan seleksi (b) menciptakan dan menumbuhkan suasana pembelajaran yang kreatif, inovatif dan fun (c) memberikan guru pendamping untuk memudahkan pemantauan perkembangan siswa (d) membekali peserta didik dengan life skill, general life skill, maupun spesific life skill (e) meningkatkan sarana dan prasarana (f) berkoordinasi dengan waka-waka yang bersangkutan (h) workshop guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nada, Uhilla Firdausinuchifirdausin171199@gmail.comD03217035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Wirausaha
Keywords: Program Pelatihan Kewirausahaan dalam Jasa Layanan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD); Sikap Mandiri Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Uhilla Firdausin Nada
Date Deposited: 09 Dec 2022 01:23
Last Modified: 09 Dec 2022 01:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55122

Actions (login required)

View Item View Item