حروف الجر ومعانيها في سورة الدخان: دراسة تحليلية نحوية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bariklana, Alwin (2022) حروف الجر ومعانيها في سورة الدخان: دراسة تحليلية نحوية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alwin Bariklana_A91218083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam tata bahasa Arab, kata (kalimat dalam bahasa arab) sebagai stuan terkecil bahasa, sebgaimana dalam bahasa yang lain dapat di kelompokkan menjadi tiga macam: pertama isim, fi’il, dan huruf. Yang kemudian dapat lebih mudah untuk dipelajari namun penulis dalam hal ini hanya akan sedikit membahas bagian yang terakhir yang berkaitan dengan huruf khususnya huruf Jer. pembahasan dalam skripsi ini mengkaji tentang huruf jer dalam surat Ad-Dukhan. Adapun Permasalahan yang ada dalam penelitian ini: 1. Apa saja bentuk-bentuk huruf jer dalam surat Ad-Dukhan, 2. Bagaimana bentuk makna huruf jer dalam surat Ad-Dukhan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatatif deskriptif. yang mana lebih menekankan pada aspek pemahaman kualitas secara mendalam terhadap suatu masalah dan hasilnya bukan berupa angka-angka. Sedangkan deskriptif adalah mendeskripsiskan hasil-hasil penelitian secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subyek diteliti secara tepat. Kemudian langkah-langkah penulis dalam mengumpulkan data adalah dengan caraa membaca berulang-ulang sehingga menemukan data-data yan berkaitan dengan keindahan-keindahan lafadz, setelah tu peneliti melakukan analisis pada data-data tersebut. Dari hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa : huruf الباءsebanyak 9 makna, huruf منsebanyak 5 makna, huruf إلىsebanyak 3 makna, huruf علىsebanyak 5 makna, huruf عنsebanyak 5 makna, huruf فيsebanyak 5 makna, huruf الكافsebanyak 1 makna, huruf اللام sebanyak 4 makna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bariklana, Alwinalwinbariklana1101@gmail.comA91218083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhud, Fathinfathinmasyhud@uinsby.ac.id2014057602
Subjects: Bahasa Arab
Al Qur'an
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: surat al furqon; huruf jer dan ma’nanya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Alwin Bariklana
Date Deposited: 10 Nov 2022 08:27
Last Modified: 10 Nov 2022 08:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55132

Actions (login required)

View Item View Item