Analisis pengukuran kesiapan dan keberhasilan E-learning menggunakan metode Technology Readiness and Acceptance Model (TRAM) pada Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardayanti, Yunia Putri (2022) Analisis pengukuran kesiapan dan keberhasilan E-learning menggunakan metode Technology Readiness and Acceptance Model (TRAM) pada Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yunia Putri Wardayanti_H06218020.pdf

Download (2MB)

Abstract

E-Learning memberikan dampak signifikan dalam sistem pendidikan dengan diberhentikannya aktivitas pembelajaran tradisional dan digantikan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengukuran kesiapan dan keberhasilan terhadap penerapan sistem E-Learning di Universitas Islam Darul Ulum Lamongan yang merupakan komponen penting dalam kesiapan dan keberhasilan serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil evaluasi kesiapan dan keberhasilan yang dilakukan.Penyebaran kuesioner terdapat 2 responden mahasiswa dan dosen, memperoleh 125 untuk mahasiswa dan 116 untuk dosen . Metode pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data PLS-SEM dengan SmartPLS versi 3.0. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan dan keberhasilan sistem E-Learning adalah optimism, innovativeness, Discomfort, insecurity, perceived usefulness, perceived ease of use dan itention to use. Hasil hipotesis untuk Hasil pengujian pada dosen menunjukkan bahwasannya semua hipotesis memiliki pengaruh positif dan hampir semua hipotesis dapat diterima atau signifikan. Terdapat 6 hipotesis yang terbukti berpengaruh positif dan signifikan sedangkan 4 hipotesis terbukti berpengaruh positif namun tidak signifikan.Hasil pengujian pada mahasiswa menunjukkan bahwasannya semua hipotesis memiliki pengaruh positif dan hampir semua hipotesis dapat diterima atau signifikan. Terdapat 8 hipotesis yang terbukti berpengaruh positif dan signifikan sedangkan 2 hipotesis terbukti berpengaruh positif namun tidak signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardayanti, Yunia Putriyuniaputri04.co.id@gmail.comH06218020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmin, Faris Muslihulfaris@uinsby.ac.id2013088801
Thesis advisorPermadi, Andyandhy@uinsby.ac.id2014108103
Subjects: Tehnik Informatika
Keywords: Kesiapan; keberhasilan; TRAM; E-Learning; PLS-SEM
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: yunia putri wardayanti
Date Deposited: 27 Nov 2022 15:09
Last Modified: 27 Nov 2022 15:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55135

Actions (login required)

View Item View Item