Implementasi program ekstrakurikuler robotika dalam meningkatkan kreativitas siswa di MI Progresif Bumi Shalawat Tulangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmah, Yayuk Mazidatun (2022) Implementasi program ekstrakurikuler robotika dalam meningkatkan kreativitas siswa di MI Progresif Bumi Shalawat Tulangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yayuk Mazidatun Nikmah_D03215034 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang Implementasi Program Ekstrakurikuler Robotika dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MI Progresif Bumi Shalawat Tulangan Sidoarjo. Hal tersebut dilatar belakangi oleh adanya perkembangan era teknologi saat ini dan jarang ditemui sekolah dasar maupun madrasah ibtidaiyah memiliki program yang dilaksanakan MI Progresif Bumi Shalawat Tulangan Sidoarjo. Program tersebut adalah Program Ekstrakurikuler Robotika. Program Ekstrakurikuler tersebut dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program ekstrakurikuler robotika, meningkatkan kreativitas siswa , implementasi program ekstrakurikuler robotika dalam meningkatkan kreativitas siswa, dan faktor penghambat serta faktor pendukung implementasi program ekstrakurikuler robotika dalam meningkatkan kreativitas siswa di MI Progresif Bumi Shalawat Tulangan Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala madrasah, Waka Kesiswaan, Pembina Ekstrakurikuler Robotika selanjutnya Siswa. Obyek penelitian ini Implementasi Program Ekstrakurikuler Robotika dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MI Progresif Bumi Shalawat Tulangan Sidoarjo. Adapun data penelitian diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) program ekstrakurikuler robotika di MI Progresif Bumi Shalawat Tulangan Sidoarjo sudah berjalan 3 tahun. Siswa yang mengikuti berjumlah 40 siswa. Dilaksanakanpada satu minggu sekali pada hari selasa pukul 14.00 – 15.30. Materi yang disampaikan dan dipraktekkan dari teori robot bergerak sampai robot air (submarine). (2) Upaya untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan motivasi, apresiasi serta mengikutsertakan siswa untuk lomba. (3) Implementasi program ekstrakurikuler robotika dalam meningkatkan kreativitas siswa.Tujuan adanya progam ekstrakurikuler robotik mampu mengarahkan bakat dan minat siswa terhadap ke kreativitasan dalam mengembangakan dan memperluas wawasan mengenai IPTEK. (4) Faktor penghambat yaitu dari waktu pembelajaran, tidak adanya ruangan khusus dan fokus siswa. Sedangkan faktor pendukung ada 2, yakni faktor internal (dari dalam diri siswa sendiri) dan faktor eksternal (lingkungan, motivasi guru, dorongan orang tua, fasilitas yang memadai).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmah, Yayuk Mazidatunyayukmazidah@gmail.comD03215034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah AM, Mukhlishah AMmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Kecerdasan
Keywords: Program ekstrakurikuler; robotika; meningkat kreativitas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: yayuk mazidatun nikmah
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:43
Last Modified: 14 Sep 2022 04:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55140

Actions (login required)

View Item View Item