Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Cerme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliyah, Yenny Zannubah (2022) Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Cerme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yenny Zannubah Auliyah_D91218165.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Cerme. Moderasi beragama sebagai cara pandang mampu menjadi solusi untuk saling menerima perbedaan, saling terbuka dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan:1) Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Cerme? 2) Dampak implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Cerme? 3) Kendala implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Cerme? .Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diolah diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah Analysis Interactive model dari Miles dan Huberman.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Cerme yaitu menyesuaikan dengan kurikulum disekolah dan merumuskan perencanaan perangkat pembelajaran PAI serta langkah pelaksanaan dalam pembelajaran yaitu sesuai RPP dengan memasukkan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI.2. Dampak dari implementasi nilai-nilai moderasi beragama bagi peserta didik adalah berdampak baik.3.Kendala yang dirasakan oleh guru PAI hanya pada alat media pembelajaran saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliyah, Yenny Zannubahyennyzannubah88@gmail.comD91218165
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Implementasi; Nilai Moderasi Beragama; Pembelajaran PAI.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yenny Zannubah Auliyah
Date Deposited: 27 Nov 2022 14:54
Last Modified: 27 Nov 2022 14:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55144

Actions (login required)

View Item View Item