Analisis kebijakan Indonesia dalam memberikan bantuan penanganan COVID-19 ke India

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rini, Diah Ayu Puspita (2022) Analisis kebijakan Indonesia dalam memberikan bantuan penanganan COVID-19 ke India. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diah Ayu Puspita Rini_I92218072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi pengambilan kebijakan luar negeri Indonesia dalam memberikan bantuan penanganan COVID-19 ke India. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian eksplanatif dan menggunakan data yang diperoleh dari wawancara, penelitian pustaka, dan penelusuran berbasis interne. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori kebijakan luar negeri yang dikembangkan oleh Marijke Breuning dan teori resiprositas yang digagas oleh Robert O. Keohane. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya alasan mengapa Indonesia memberikan bantuan kepada India saat India dilanda Covid-19 yang cukup parah yaitu, 1) India sebagai mitra strategis Indonesia dalam bidang kesehatan; 2) Keberadaan warga negara Indonesia di India; dan 3) Politik balas budi yang dilakukan Indonesia kepada India atas pertolongan yang diberikan India kepada Indonesia. Bantuan yang diberikan Indonesia kepada India merupakan bentuk politik balas jasa yang diberikan oleh India ke indonesia, untuk melindungi WNI di India, dan bentuk kepedulian Indonesia terhadap mitranya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rini, Diah Ayu Puspitadiahayupuspitarini00@gmail.comI92218072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Moh.Fathonimfathonihakim@gmail.com2005018402
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: Kebijakan Luar Negeri; India; IRCS; COVID-19; Kerjasama Bilateral
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Diah Ayu Puspita Rini
Date Deposited: 05 Dec 2022 12:31
Last Modified: 05 Dec 2022 12:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55148

Actions (login required)

View Item View Item