Pengaruh sistem full day school terhadap kedisiplinan peserta didik di SD Islam Terpadu Sevilla Tulin Onsoi Nunukan Kalimantan Utara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriana, Rizka (2022) Pengaruh sistem full day school terhadap kedisiplinan peserta didik di SD Islam Terpadu Sevilla Tulin Onsoi Nunukan Kalimantan Utara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Febriana_D03215030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pengaruh sistem full day school terhadap kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berupa pengukuran dengan cara mengumpulkan data yang diukur menggunakan ilmu statistik. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data berupa angket penelitian dan dokumentasi. Responden penelitian berjumlah 50 peserta didik. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu sistem full day school (X) dan kedisiplinan peserta didik (Y). Analisis data menggunakan program SPSS. Teknik analisis uji one sample t test dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunujukkan bahwa: (1) SD Islam Terpadu Sevilla telah menerapkan sistem Full day scool cukup baik dengan prosentase 63,8%. (2) SD Islam Terpadu Sevilla telah diterapkan sikap disiplin dalam diri peserta didik yang cukup baik dengan prosentase 66,0 %. (3) Hasil analisis juga menunjukkan bahwa sistem full day school berpengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik di SD Islam Terpadu Sevilla Tulin Onsoi Nunukan Kalimantan Utara, besar pengaruh yang diperoleh yakni sebesar 0,417. Nilai coefficients Y=38,169+0,544 X. (X = Sistem Full Day School = variabel bebas) dan (Y=Kedisiplinan Peserta Didik=Variabel terikat). Berdasarkan t hitung sebesar 3,177 > 2,021 maka kesimpulannya adalah sistem full day school berpengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik. R square atau koefisien determinasi diperoleh 0, 174 maka sebesar 17,4 % sistem full day school dalam mempengaruhi kedisiplinan peserta didik, sedangkan sisanya 82,6 % dipengaruhi variabel lainnya selain variabel pada penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriana, Rizkafebrianarizka97@gmail.comD03215030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam--195208121980031006
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Full Day School; Kedisiplinan Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Rizka Febriana
Date Deposited: 27 Nov 2022 12:56
Last Modified: 27 Nov 2022 12:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55149

Actions (login required)

View Item View Item